riauidcom | Berita Riau Terkini

Ada Warung Bakso di Pekanbaru Terkontaminasi Daging Babi, Diduga dari Penggilingan - riauidcom

Ada Warung Bakso di Pekanbaru Terkontaminasi Daging Babi, Diduga dari Penggilingan

Ada Warung Bakso di Pekanbaru Terkontaminasi Daging Babi, Diduga dari Penggilingan
ilustrasi

PEKANBARU, Riauid.com — Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengindikasi ada bakso yang terkontaminasi daging babi di beberapa warung bakso.

Petugas Distanak Pekanbaru sudah ambil sample di beberapa warung dan dilakukan uji laboratorium, dan hasilnya ada bakso yang terkontaminasi daging babi. Para pedagang hanya diberi sanksi teguran dalam bentuk lisan.

“Itu sebenarnya isu lama, kami juga telah melakukan peneguran ke pedagangnya,” jelas Elsyabrina, Kepala Distanak Kota Pekanbaru baru-baru ini dikutip dari Riauterkini.

Elsyabrina menambahkan kasus bakso terkontaminasi daging babi terungkap dari uji sampel bakso dari sejumlah pedagang. Hasil uji laboratorium, ada bakso yang positif terkontaminasi daging babi.

Kontaminasi daging babi, ungkap Eslyabrina, bukan berarti para pedagang sengaja pakai daging babi, melaikan tercampur sedikit. Bisa jadi, hal itu terjadi saat proses penggilingan daging sebelum dijadikan bakso.

Ia memperkirakan bisa saja mesin penggiling daging sebelumnya dipakai untuk menggiling daging babi, kemudian dipakai untuk menggiling daging sapi.

Sayangnya, ketika ditanya soal nama warung dan alamatnya, Elsybrina enggan membeberkan. “Tak usahlah lokasinya disebut,” jawabnya.

Di lain tempat, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Riau Askardia Ribudana Patrianov, mengakui sudah serahkan hasil uji laboratorium ke Distanak Kota Pekanbaru. (Sul)

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan