riauidcom | Berita Riau Terkini

Atasi Banjir di Dusun Petakur Bawah, Kades Sukadamai Berharap Parit Dibangun - riauidcom

Atasi Banjir di Dusun Petakur Bawah, Kades Sukadamai Berharap Parit Dibangun

Atasi Banjir di Dusun Petakur Bawah, Kades Sukadamai Berharap Parit Dibangun
Kepala Desa Sukadamai, Muhammad Ramtani Rokan M.Pdi

ROKAN HULU — Untuk mengatasi permasalahan banjir yang melanda setiap hujan turun di Dusun Patakur Bawah Desa Sukadamai Kecamatan Ujung Batu, Rokan Hulu (Rohul), Kepala Desa (Kades) Sukadamai mengaku desanya berharap ada pembangunan parit dan box culvert.

Diakui Kades Sukadamai, Muhammad Ramtani Rokan M.Pdi, Selasa (13/2/2018), mengatakan di Dusun Patakur Bawah dihuni 200 Kepala Keluarga (KK) jadi langganan banjir setiap hujan turun. Mengatasi masalah itu, harus dibangun parit pembuangan ke sungai Rokan sepanjang 500 meter kedalaman 1 hingga 1,5 meter, termasuk box culvert.

“Masyarakat sudah mengeluhkannya sejak lama, bahkan di setiap Musrenbang desa dan kecamatan kita sampaikan. Namun realisasinya hingga kini belum ada, memang ada DPRD Riau yang sudah melihat masalah itu. Apalagi air buangan dari Pasar Baru sebagian pembuangan airnya ke dusun tersebut, sementara di dusun tersebut kita tidak ada buangannya sehingga menumpuk di Patakur Bawah,” jelas M. Ramtani Rokan.

Untuk membangun parit dan box culver di Dusun Patakur Bawah, M. Ramtani Rokan menyatakan membutuhkan anggaran besar dan tidak mampu bila dianggarkan melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Per meter membutuhkan dana Rp 1,5 juta, sehingga membutuhkan dana sekitar Rp500 juta lebih. Hingga kini bila hujan sehari saja air sudah mengenang. Selain itu di desa kita salah satu yg masuk dalam peta kumuh perkotaan dari 8 titik di Rohul itu data dari Kementrian PUPR,” ungkap M. Ramtani Rokan.

“Kemudian yang paling memprihatinkan, bila dusun tersebut digenangi banjir alkibat hujan, maka air bisa bertahan dua hingga tiga minggu. Berharap, permasalahan ini biasa direaliasikan,” harap Kades Sukadamai lagi. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan