riauidcom | Berita Riau Terkini

Banyak Pengusaha Hiburan dan Perhotelan di Kota Dumai tidak Taat Pajak - riauidcom

Banyak Pengusaha Hiburan dan Perhotelan di Kota Dumai tidak Taat Pajak

Banyak Pengusaha Hiburan dan Perhotelan di Kota Dumai tidak Taat Pajak
ilustrasi

DUMAI — Diindikasi tidak sedikit pengusaha hiburan di Kota Dumai, Riau, yang tidak patuh dalam membayar pajak. Padahal, pajak merupakan kewajiban pengusaha untuk kelanjutan pembangunan daerah.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Dumai, Marjoko Santoso, mengaku prihatin dengan oknum pengusaha hiburan yang kurang peduli dan tidak taat pajak.

Berdasarkan data dimilik Bapenda Dumai masih banyak ditemukan pengusaha hiburan yang belum membayar pajak usahanya.

“Sudahlah tidak bayar pajak mereka juga kerap terlambat membayar pajak. Bayarnya ini kalau sudah petugas kita datang menagih atau pas kebetulan izin operasinya sudah hampir habis baru membayar pajak,” ungkap Marjoko kepada wartawan, dikutip dari Riauterkini.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan dan Bappeko Dumai ini menegaskan dalam waktu dekat Bapenda Kota Dumai akan memanggil seluruh pengusaha hiburan untuk menanyakan terkait kurang tertib membayar pajak ke Pemko.

Selain pengusaha hiburan, pengusaha perhotelan juga dinilai kurang bagus dalam catatan pembayaran pajak. Masih banyak ditemukan pengusaha hotel belum membayar pajak, dan tidak sesuai omset yang diterima setiap bulannya.

“Tim kita sedang melakukan audit di beberapa lokasi usaha. Sebab ada laporan dari masyarakat mereka menyampaikan pajak tidak sesuai omset yang nyata. Kita akan melakukan tindakan tegas masalah pajak ini,” tegasnya.

Marjoko mengaku tahun ini Bapenda Dumai akan menertibkan seluruh pengusaha yang membandel dalam memenuhi kewajiban membayar pajak, sehingga target realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak mencapai Rp206 miliar tercapai.

“Target kita Rp206 miliar untuk PAD pajak Kota Dumai. Maka dari itu saya minta ke pengusaha tersebut amanah untuk membayar pajak kepada Pemerintah Kota Dumai sebagai Pendapatan Asli Daerah,” pungkas Marjoko.

Sumber pajak untuk Pemko Dumai sendiri seperti adari pajak Hotel, Restoran, Hiburan, Reklame, Penerangan Jalan, Mineral bukan Logam dan Batuan, Parkir, Air Tanah, Sarang Burung Walet, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), serta lainnya. (iwn)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan