riauidcom | Berita Riau Terkini

Berikut Kisah Sukses Pengusaha DL Sitorus, Mulai Perkebunan Sawit Sampai Sekolah - riauidcom

Berikut Kisah Sukses Pengusaha DL Sitorus, Mulai Perkebunan Sawit Sampai Sekolah

Berikut Kisah Sukses Pengusaha DL Sitorus, Mulai Perkebunan Sawit Sampai Sekolah
Darianus Lungguk Sitorus (foto istimewa)

PEKANBARU — Kabar meninggalnya pengusaha sukses, Darianus Lungguk (DL) Sitorus sampai juga ke telinga masyarakat di Provinsi Riau, terutama di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

DL Sitorus, pengusaha sukses asal Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini dikenal oleh masyarakat Rohul, karena ia punya perkebunan kelapa sawit yang sangat luas di daerah Mahato, Kecamatan Tambusai Utara.

Selain punya perkebunan kelapa sawit dengan luas puluhan ribu hektare, DL Sitorus rupanya sangat peduli dengan dunia pendidikan, sampai dirinya membangun banyak yayasan pendidikan.

Pengusaha kayar tersebut juga dikabarkan punya sejumlah gedung untuk lokasi resepsi pernikahan suku Batak yang diberi nama “Rumah Gorga” dan tersebar di Jakarta dan Bekasi.

Bukan itu saja, DL Sitorus juga mengembangkan sayap bisnisnya di bidang Perhotelan. Salah satu hotelnya ada di Kota Pasir Pengaraian, Kabupaten Rohul, Riau, diberinama Sapadia Hotel.

Konglomerat yang lahir di Parsambilan, Kecamatan Silaen, Toba Samosir, Sumut, ini besar di Pematang Siantar. Ia kemudian menikah dengan Boru Siagian, dan dikaruniai 5 anak, terdiri 3 laki-laki dan 2 perempuan.

Dinilai sebagai putra daerah yang paling sukses di luar Sumut, dan selalu memberikan perhatian untuk membangun kampung halaman (Bona Pasogit), nama DL Sitorus bahkan dipakai sebagai nama suatu jalan di Kabupaten Toba Samosir, Sumut.

Jalan bernama DR Sutan Raja DL Sitorus sepanjang sekitar 12 kilometer tersebut diresmikan oleh Bupati Toba Samosir Drs Monang Sitorus SH MBA.

Jalan ini menghubungkan dari Simpang Sibisa di Aek Natolu Kecamatan Lumban Julu hingga Simpang Kantor Kelurahan Parsaoran Ajibata melintasi Sibisa, Bandara Sibisa, Simarata dan Motung Kecamatan Ajibata, Toba Samosir, Sumut.

Kesuksesan DL Sitorus sempat terusik setelah aparat hukum menahan dan memproses konglomerat sukses ini dalam perkara kehutanan.

Meski sempat di penjara cukup lama, namun kesuksesan DL Sitorus menjadi inspirasi banyak orang, bagaimana dirinya memulai usaha dari kecil hingga memiliki perkebunan yang sangat luas, dan tersebar di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Rohul, Provinsi Riau, seperti PT. Torganda dan PT. Torus Ganda.

Kesuksesan DL Sitorus juga sempat membawanya ke panggung politik. Pada 20 Januari 2006, DL Sitorus mendeklarasikan Partai Peduli Rakyat Nasional, dan dirinya sebagai salah seorang tokoh utama pendirinya.

Bukan itu saja, DL Sitorus juga berjasa dan punya perhatian besar terhadap dunia pendidikan, dan menjabat sebagai Ketua Yayasan Abdi Karya (YADIKA) yang berdiri sejak tahun 1976, dan dibuka untuk pendidikan mulai tingkat TK, SD, SMP, SMU, SMEA, STM, LPK dan BLK.

Bahkan, pada 1989 silam, DL Sitorus mengembangkan bisnis di dunia pendidikan dengan mendirikan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. (sul)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan