riauidcom | Berita Riau Terkini

BKPP Rohul Gelar Rakor dan Sosialisasikan Aplikasi 'SIRATU'

BKPP Rohul Gelar Rakor dan Sosialisasikan Aplikasi ‘SIRATU’

BKPP Rohul Gelar Rakor dan Sosialisasikan Aplikasi ‘SIRATU’
Rakor Kepegawaian dan Sosialisasi Aplikasi 'Siratu'

ROKAN HULU — Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), taja Rapat Koordinasi (Rakor) dan sosialisasikan aplikasi Sistem Registrasi Terpadu (SIRATU).

Kegiatan Rakor SIRATU, dibuka Assisten III Bidang Administrasi Umum Setda Rohul H. Helfiskar SH MH, di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian, Rabu (06/12/2017) siang kemarin.

Pada Rakor dan sosialisasi SIRATU usung tema “Optimalisasi Peran dan Fungsi Pejabat Pengelola Kepegawaian OPD Untuk Mewujudkan tertib Administrasi Kepegawaian” melibatkan seluruh Bagian Administrasi dan Kepegawaian dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan.

Dikatakan Kepala BKPP Rohul M. Zaki S.STP melalui Sekretaris BKPP Rohul Bekrim Setiawan S.STP, Kamis (7/12/2017) mengatakan, tujuan yang dilaksanakan Rakor dan sosialisasi aplikasi SIRATU, agar ASN dapat memanfaatkan aplikasi yang berbasis Tekhnologi Informasi itu secara efektif dan efisien serta dapat memperpendek jarak birokrasi.

“Melalui aplikasi SIRATU merupakan bagian kecil dari aplikasi yang sudah kita bangun semuanya, sehingga secara keseluruhan pelayanan kedepannya akan menggunakan sistem digitalisasi dalam pelayanan kepegawaian dan tidak secara manual lagi. Sehingga diharapkan kedepannya seluruh ASN dimudahkan dengan aplikasi SIRATU tersebut,” harap Bekrim.

Kata Bekrim lagi, di tahun 2018 mendatang BKPP Rohul juga akan membuat sejumlah gebrakan, selain pembangunan gedung pelayanan yang sudah disahkan anggarannya, BKPP Rohul juga mengubah sistem administrasi dari manual ke sistem yang berbasis elektronik atau digitalisasi. Karena, BKPP Rohul saat ini memang kekurangan pegawai, tentunya dengan adanya aplikasi dan sistem digital ini ASN lebih mudah, cepat dan sederhana dalam mengurus administrasi kepegawaian.

“Setiap OPD harus mempersiapkan database, seperti database hard copy dan soft copy, dimana setiap data yang dikumpulkan akan diinput ke sistem kita yang meliputi database yang dikumpul seluruh pelayanan. Bila SIRATU cuma satu bagian kecil dari seluruh aplikasi yang ada, kita harap dengan adanya aplikasi SIRATU ini dapat mempercepat pelayanan, karena sudah bisa diakses melalui Online atau digital,” sebut Bekrim.

Saat ditanya terkait kesiapan infrastruktur penerapan aplikasi SIRATU, Bekrim menjelaskan untuk infrastruktur jaringan internet sudah siap pergunakan dan aplikasi SIRATU sudah dikembangkan melalui kerjasama dengan pihak ketiga.

“Secara infrastruktur, internet kita sudah ready sebenarnya dan aplikasi sedang dikembangkan dan sudah ketemu dengan pihak ketiga serta ada beberapa aplikasi sduah selesai, cuman kita mau pas launching selesai dapat terintegrasi secara digital,” kata Bekrim. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan