riauidcom | Berita Riau Terkini

camat kunto darussalam ajak masyarakat bantu ponpes daarul quran

Camat Kunto Darussalam Ajak Masyarakat Ikut Bantu Ponpes Da’arul Quran Darussalam yang Terbakar

Camat Kunto Darussalam Ajak Masyarakat Ikut Bantu Ponpes Da’arul Quran Darussalam yang Terbakar
Kondisi Pondok Pesantren Daarul Qu'ran pasca tertimpa bencana kebakaran

ROKAN HULU — Pasca musibah kebakaran, Pondok Pesantren (Ponpes) Da’arul Quran Darussalam di Desa Bukit Intan Makmur, Kecamatan Kunto Darussalam, Rokan Hulu (Rohul) kini mulai berbenah bangun kembali fasilitas gedung sekolah.

Pada tahap awal, pihak Da’arul Quran Darussalam berencana membangun gedung tiga lantai dengan sembilan ruangan baru di atas tanah bekas bangunan yang terbakar.

Gedung baru tersebut nantinya digunakan untuk ruangan kelas baru (RKB), kantor majelis guru serta fasilitas lainnya.

Bersamaan dengan dimulainya pembangunan, sudah dilakukan peletakan batu pertama dilakukan Camat Kunto Darussalam Ruslan S.Sos, dihadiri tokoh masyarakat H. Martawi, Kapolsek Kunto Darussalam AKP Artisal, ninik mamak, Kepala UPTD Dikpora, Kepala KUA didampingi langsung Kepala Ponpes Daarul Quran, Ahmad Siregar SPdI dan disaksikan ratusan wali santri-santriwati, Selasa (10/10/2017).

Camat Kunto Darussalam Ruslan S.Sos mengatakan sarana pendidikan Islam seperti Pondok Pesantren sangat dibutuhkan untuk membangun budi pekerti dan ahklak generasi muda. Dewasa ini, sangat sulit menemukan seseorang yang ingin dijadikan imam di masjid, dengan hadirnya Ponpes Daarul Quran Darussalam ini bisa menciptakan calon imam-imam masjid masa depan.

“Saya mengajak seluruh lapisan mulai dari masyarakat, pengusaha, perusahaan dan pemerintah bersatu membangun pondok pesantren ini. Dengan hadirnya ponpes bisa mengangkat nama Kunto Darussalam di tingkat daerah, provinsi dan Nasional,” harap Ruslan, didampingi tokoh masyarakat Martawi.

Martawi juga menyempatkan diri saling berbagi untuk meringankan beban pihak ponpes dalam pembangunan kembali sarana pendidikan santri. Ia memberikan bantuan material bangunan 250 sak semen.

Kapolsek Kunto Darussalam AKP Artisal menyampaikan musibah dialami Ponpes Da’arul Quran Darussalam merupakan jalan yang diberikan Allah SWT untuk mengembangkan ponpes agar lebih baik lagi. Ia mengaku Ponpes ini paling banyak menonjolkan prestasi di tingkat kabupaten.

“Suatu kebanggaan buat masyarakat Kunto Darussalam, karena dengan adanya Ponpes Daarul Quran Darussalam di daerah kita. Prestasi menonjol meski masih baru. Saya siap jadi sponsor pembangunan kembali pesantren ini, meski saya bukan pengusaha,” janji Artisal.

Sementara, Kepala Ponpes Da’arul Quran Darussalam Ahmad Siregar SPd.I mengutarakan jumlah donasi bantuan dari masyarakat hingga kemarin mencapai Rp300 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk menggesa pembangunan gedung belajar santri.

“Estimasi anggaran yang kami butuhkan sebesar Rp2,5 miliar. Alhamdulillah hingga kini dana terkumpul dari donasi dermawan sudah Rp 300 juta. Tahap awal kita akan bangun gedung tiga lantai dengan sembilan ruangan, target kami bisa tercapai 15 ruangan hingga tahun 2018,” jelasnya.

Ahmad menambahkan, meski belum mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah maupun provinsi. Tahun 2018 mendatang, Kakanwil Kemenag Riau akan memprioritaskan pembangunan pondok pesatren tersebut.

“Musibah ini merupakan cobaan untuk kami intropeksi diri. Kami bersyukur mungkin dengan cobaan ini Allah memberikan yang terbaik,” jelas Ahmad Siregar. (sof)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan