riauidcom | Berita Riau Terkini

Desa Bangun Jaya Jadi Duta Riau di Lomba Ber PHBS di Tingkat Nasional - riauidcom

Desa Bangun Jaya Jadi Duta Riau di Lomba Ber PHBS di Tingkat Nasional

Desa Bangun Jaya Jadi Duta Riau di Lomba Ber PHBS di Tingkat Nasional

ROKAN HULU — ‎Desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul),  akan menjadi duta Provinsi Riau untuk ikuti Lomba Desa Ber Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Nasional.

Sebelumnya, Tim Penggerak PKK Desa Bangun Jaya di kegiatan lomba Desa Ber PHBS tingkat Provinsi Riau, ditetapkan menjadi Juara I tingkat Provinsi Riau lomba Ber PHBS tersebut, Senin (13/11/2017) kemarin, saat diumumkan di sela upacara Hari Kesehatan Nasional ke 53 tingkat Provinsi di Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru.

Setelah Desa Bangun Jaya ditetapkan sebagai pemenang Lomba Desa Ber PHBS tingkat Riau, berdasarkan penilaian dari Tim Provinsi Riau beberapa waktu lalu.

Atas prestasi tersebut, Pemerintah Provinsi Riau memberikan piagam penghargaan ke Ketua TP PKK Desa Bangun Jaya Neni Wahyuni didampingi Kades Bangun Jaya, Yusrianto.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul, dr Bambang Triono, membenarkan bahwa Desa Bangun Jaya sebagai duta Rohulsekaligus mewakili Provinsi Riau untuk lomba Desa Ber PHBS tingkat Nasional.

Dengan ditetapkannya Desa Bangun Jaya sebagai juara 1 lomba Desa Ber PHBS tingkat Provinsi Riau, maka fakta di lapangan dari penilaian oleh Tim Provinsi Riau, masyarakat desa tersebut telah menunjukkan kebersihan lingkungan dan berprilaku hidup yang sehat. Masyarakat Desa Bangun Jaya sudah memiliki jamban sendiri di rumahnya.

“Pemerintah Desa Bangun Jaya beserta perangkat desa serta Tim Penggerak PKK desa saling bekerjasama serta berpartisipasi mendukung program kesehatan, terutama menciptakan lingkungan rumah tangga yang bersih dan prilaku hidup sehat,” kata Bambang.

Bambang menambahkan Desa Bangun Jaya sudah melakukan pembinaan PHBS, dengan memperdayakan keluarga di desa untuk tau dan mau serta mampu melaksanakan PHBS dan berperan aktif dalam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Terangnya lagi, tidak terlepas dukungan juga peran aktif TP PKK Rohul, TP PKK Kecamatan Tambusai Utara dan PKK desa, maka secara berjenjang dalam pembinaan PHBS di rumah tangga desanya.

Ditanya kapan jadwal turunnya Tim Penilai Lomba Ber PHBS tingkat Nasional, diakui Bambang pihaknya masih menunggu informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

“Sejauh ini kita belum diberi tahukan dan mendapat informasi kapan turunnya tim Penilai lomba Desa Ber PHBS tingkat Pusat,” katanya.

Sebelum tim penilai turun ke Kabupaten Rohul untuk melakukan penilaian Lomba Desa Ber PHBS di Desa Bangun Jaya, pihaknya berupaya semaksimal mungkin melakukan persiapan, agar Desa Bangun Jaya untuk bisa mengukir prestasi di Lomba Ber PHBS tingkat Nasional tahun 2017.

“Kita meminta Pemerintah dan TP PKK Desa Bangun Jaya, agar dapat melaksanakan pembinaan dan program Ber PHBS yang sudah berjalan, selain itu tetap menjaga kebersihan lingkungan dn prilaku hidup sehat. Kita ketahui, Desa Bangun Jaya sudah menerapkan Germas,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Kades Bangun Jaya Yusrianto alias Ocu didampingi Ketua TP PKK Desa Bangun Jaya Neni Wahyuni, mengucakan terimakasih ke seluruh masyarakat Desa Bangun Jaya yang sudah mendukung program PHBS.

Ia juga berterima kasih ke Camat Tambusai Utara Zulhendri S.Sos dan Ketua TP PKK Tambusai Utara Neni Handayani yang telah mensuppor penuh dalam kegiatan Lomba Desa Ber PHBS.

“Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Provinsi Riau, Khususnya Kabupaten Rohul agar Desa Bangun Jaya mewakili Provinsi Riau serta bisa meraih prestasi terbaik dalam Lomba Desa Ber PHBS tingkat Nasional tahun ini,” harap Yusrianto. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan