riauidcom | Berita Riau Terkini

Diskominfo Rohul Imbau Warga Segera Registrasi Kartu Prabayar

Diskominfo Rohul Imbau Segera Registrasi Kartu Prabayar, Begini Cara Ketiknya..

Diskominfo Rohul Imbau Segera Registrasi Kartu Prabayar, Begini Cara Ketiknya..
Gorneng

ROKAN HULU — Mulai tanggal 31 Oktober 2017, para pelanggan kartu SIM prabayar baru (perdana) atau pelanggan lama diwajibkan melakukan registrasi guna keperluan validasi pemilik dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Gorneng mengimbau agar seluruh warga Rohul bagi pengguna kartu prabayar segera melakukan registrasi ulang untuk menghindari pemblokiran kartu.

Gorneng mengatakan sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nomor 14 Tahun 2017, registrasi ulang kartu SIM wajib dilakukan paling lambat tanggal 28 Februari 2018 guna menghindari sanksi berupa pemblokiran kartu secara bertahap.

“Pelanggan kartu SIM prabayar kita disarankan melakukan registrasi secara mandiri agar data nomor NIK dan KK tetap aman,” sebut Gorneng

Registrasi kartu prabayar baik kartu baru atau lama cukup mudah. Bagi pelanggan baru dapat melakukan registrasi dengan mengetik SMS: REG<Spasi>Nomor NIK (di e-KTP)#NomorKK# kirim ke 4444. Sementara untuk registrasi ulang bagi pelanggan lama dilakukan dengan cara ketik SMS: ULANG<Spasi>NIK#NomorKK# kirim ke 4444.

“Registrasi kartu SIM prabayar dilakukan melalui SMS tanpa biaya alias gratis,” kata Gorneng.

Jelas Gorneng, tujuan registrasi ulang untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan kartu prabayar dari tindak kejahatan seperti penipuan. Dalam aturan ini, kepemilikan kartu prabayar juga akan dibatasi maksimal 3 nomor setiap provider.

“Guna menyebarluaskan informasi, kami akan mensosialisasikan cara regitrasi melalui radio pemerintah daerah. diskominfo juga akan menyebarkan brosur di setiap Konter di Rohul,” jelasnya.

Pada hari pertama dimulainya registrasi ulang kartu prabayar sesuai KK dan E-KTP, ternyata masih banyak warga Rohul yang belum paham bagaimana tata cara meregistrasi kartu prabayar tersebut. Seperti disampaikan Adi, warga Pasir Putih Kecamatan Rambah mengaku binggung apa saja yang harus dilakukan untuk meregistrasi ulang kartu prabayar.

“Katanya wajib registrasi ulang kartu sim sesuai kk dan ktp tapi caranya gimana saya juga tak tahu, makanya saya cari infomrasi ke konter,” tegas Adi.

Salah seorang pemilik konter di Rohul Zulfikar mengakui sejak adanya broadcast dari provider terkait Registrasi ulang kartu prabayar, banyak pelanggan kartu prabayar yang datang ke konternya untuk menanyakan bagaimana cara registrasi kartu prabayar.

“Kebanyakan dari mereka itu bertanya soal bagaimana cara registrasi kartu prabayar, karena saat registrasi mereka gagal melakukan sendiri. Ada juga orang tua serta remaja yang belum memiliki e-KTP,” ungkap Zulfikar. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan