riauidcom | Berita Riau Terkini

Disparbud Robul Mulai Menata Objek Wisata Air Terjun Aek Martua

Disparbud Robul Mulai Menata Objek Wisata Air Terjun Aek Martua, Akses ke Lokasi Semakin Dekat

Disparbud Robul Mulai Menata Objek Wisata Air Terjun Aek Martua, Akses ke Lokasi Semakin Dekat
Kepala Disparbud Rohul bersama pegawai dan Camat Bangun Purba meninjau Air Terjun Aek Martua

ROKAN HULU — Saat ini, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Rohul, sudah mulai menata satu persatu objek wisata yang ada di daerahnya.

Saat ini, Disparbud Rohul mulai menata Air Terjun Aek Martua‎ di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba. Objek wisata alam yang mempesona juga wisata andalan Kabupaten Rohul saat ini mulai ditata, agar bisa menarik wisatawan bekunjung.

Selain penataan, jalan menuju ke objek wusata Air Terjun Aek Martua, kini juga sedang dilakukan perbaikan oleh Dinas Pemukiman dan Kawasan Pemukiman (PKP) Rohul‎. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rohul juga programkan penataan di Aek Martua.

Air Terjun Aek Martua merupakan objek wisata alam unggulan di Kabupaten Rohul. Nama Aek Martua diambil dari bahasa  daerah satu di antara suku di Riau, yaitu suku Mandailing yang bermakna ‘Air Bertuah’

Diakui Kepala Disparbud Rohul Drs. Yusmar M.Si, sebelumnya untuk sampai ke Air Terjun Aek Martua pengunjung harus berjalan kaki hingga sekira 2 kilometer.

Sejak jalan diperbaiki‎ oleh Dinas PKP Rohul, pengunjung bisa membawa kendaraan sampai lokasi parkira sementara yang disediakan, hanya berjalan sekira 400 meter sampai 500 meter ke air terjun.

“Mobil belum bisa masuk ke lokasi Air Terjun Aek Martua, baru sepeda motor saja,” ungkap Yusmar, Kamis (9/11/2017).

Diakuinya, mobil belum bisa masuk ke kawasan Air Terjun Aek Martua, karena jembatan yang membelah hulu Sungai Batang Lubuh masih jembatan gantung. Namun mobil bisa diparkirkan di rumah warga Tangun.

Nantinya, mulai parkiran kendaraan, pengunjung akan menyusuri jalan setapak yang sedang tahap perbaikan dan langsung ke Air Terjun Aek Martua, tidak lagi menuruni jalan terjal dan sesekali merangkak memegang akar pohon seperti sebelumnya.

Meski lelah karena menapaki jalan menurun dan menanjak, namun pengunjung akan dimanjakan dengan pohon-pohon yang tumbuh liar di kawasan hutan.

Kepala Disparbud Rohul bersama pegawai dan Camat Bangun Purba meninjau Air Terjun Aek Martua

Yusmar juga mengatakan, dirinya bersama pegawai dan pihak Kecamatan Bangun Purba‎ sudah meninjau langsung objek wisata Air Terjun Aek Martua, mengendarai sepeda motor, Selasa sore (7/11/2017).

Air Terjun Aek Martua sendiri dibagi dalam tiga tingkatan, Arda 1, Arda 2, dan Arda 3. Setiap jeram punya ketinggian berbeda, sehingga suara jatuhnya air membuat suasana alam semakin jelas. Selain udara yang sejuk, air di kawasan ini juga dingin.

“Dengan diperbaikinya akses menuju Air Terjun Aek Martua, maka tidak lagi sejauh dulu,” ungkap pria yang pernah menjabat Kabag Humas Setdakab Rohul, Kepala Disdukcapil Rohul dan Kepala Distamben Rohul tersebut.

Sebutnya lagi, itu luar biasa. Karena sebut Yusmar, dirinya sudah membuktikan bahwa saat ini perjalanan menuju Air Terjun Aek Martua yang dulunya jauh sekarang semakin dekat.

Waktu tempuh semakin pendek, setelah Pemkab Rohul membuka akses jalan ke Air Terjun Aek Martua, dan saat ini tahap perbaikan.

Camat Bangun Purba, Admiral Lubis juga mengatakan, pembangunan jalan ke Air Terjun Aek Martua dilakukan Pemkab Rohul untuk memudahkan wisatawan atau pengunjung.

“Anggapan masyarakat luar kan dulu untuk mencapai Aek Martua memerlukan waktu yang lama, dan sekarang menjadi singkat,” jelas Admiral. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan