riauidcom | Berita Riau Terkini

FOSWAR Ajarkan Mahasiswa Rohul Menjadi Jurnalis Enterprenuer

FOSWAR Ajarkan Mahasiswa Rohul Menjadi Jurnalis Enterprenuer

FOSWAR Ajarkan Mahasiswa Rohul Menjadi Jurnalis Enterprenuer
Ketua FOSWAR Yusrizal Tamrin S.Ag menyerahkan cinderamata kepada Asisten Bidang Ekbang Pemkab Rohul Irpan Rido

ROKAN HULU — Melalui Forum Solidaritas Wartawan Rokan Hulu (FOSWAR), digelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Kabupaten Rohul di Hotel Sapa Dia Pasir Pengaraian, Rabu (20/12/2017).

Kegiatan pelatihan jurnalistik dengan tema “Dengan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa, Kita Jadikan Mahasiswa yang Berjiwa Enterpreneur”, dibuka Plt Bupati Rohul H. Sukiman, diwakili Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Rohul Irpan Rido.

Pada pelatihan tersebut, mendatangkan narasumber yang juga tokoh Pers Riau‎ H. Drs. Miswar Pasai MH, yang juga Dosen di sjumlah universitas di Riau, seperti di Universitas Islam Riau (UIR) dan Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru.

Asisten Ekbang Rohul Irpan Rido dalam arahannya mengatakan, melalui pelatihan yang digelar FOSWAR, mahasiswa Rohul mengerti cara kerja jurnalis, juga mengaplikasinya di kampusnya atau lingkungan tempat tinggalnya.

Ketua FOSWAR ‎Yusrizal Tamrin S.Ag mengaku, pelatihan jurnalistik yang digelar untuk kedua kalinya diikuti mahasiswa dari empat perguruan tinggi, seperti mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP), STAI Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian, STKIP Rokaniah, mahasiswa Institut Sains Quran (ISQ‎) Rohul, serta peserta umum.

Katanya, mahasiswa merupakan mitra dari FOSWAR. Apalagi saat ini di dunia kampus sendiri, ada upaya menjadikan mahasiswa enterprenuer atau berjiwa usaha.

“Itu menjadi tujuan kita, dan kita harapkan ini menjadi motivasi, sehingga tidak hanya sekedar pelatihan, namun kerjasamanya dengan mahasiswa juga akan berlanjut,” terang Yusrizal.

Nantinya kata Yusrozal lagi, mahasiswa diharapkan berikan output ke lingkungannya, dan memberikan informasi kepada wartawan atau jurnalis. FOSWAR juga sudah memprogramkan “FOSWAR Goes To Campus” mulai 2018. Kerjasama itu akan ditindaklanjuti dengan Badan Eksekutif (BEM) dan pihak rektorat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul Drs. Yusmar M.Si di sela kegiatan, bagikan tanjak khas Rohul yang diberinama‎ ‘Unak Serantau’ ke sejumlah pejabat serta sejumlah mahasiswa.

Diakui Yusmar, pembagian tanjak sebagai upaya dilakukan Disparbud Rohul, mengenalkan tanjak khas Melayu Rohul sehingga dikenal masyarakat dan lebih mendunia.‎ (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan