riauidcom | Berita Riau Terkini

Kaum Ibu dan Pejabat Ikut Lomba Giling Cabe Sampai Tarik Tambang

Hari Ibu ke-89, Kaum Ibu dan Pejabat Ikut Lomba Giling Cabe Sampai Tarik Tambang

Hari Ibu ke-89, Kaum Ibu dan Pejabat Ikut Lomba Giling Cabe Sampai Tarik Tambang
Wabup Rohul H. Sukiman, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri, dan pejabat Forkompinda Rohul ikut lomba menggiling cabe.

ROKAN HULU — Peringatan Hari Ibu ke-89 yang digelar oleh Pemkab Rokan Hulu (Rohul) pada Rohul Kamis pagi (21/12/2017), sangat meriah. Selesai upacara digelar lomba menggiling cabe diikuti kaum ibu serta pejabat di Rohul, hingga lomba joget balon dan tarik tambang.

Kegiatan digelar di lapangan Kantor Bupati Rohul dipimpin Wakil Bupati (Wabup) H. Sukiman dihadiri Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri, SH, Kepala Kejari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak SH, M.Hum, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK, MH.

Hadir juga Kakan Kemenag Rohul Syahruddin, Kalapas Klas II B Pasir Pengaraian Muhammad Lukman, Dandim 0313/KPR diwakili Wadan Ramil 01 Bangkinang Kapten Inf Raflis Jon, para Staf Ahli bupati, Ketua GOW Rohul Hj Peni Sukiman, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Hj Radias Damri, serta para ibu-ibu PKK kecamatan, desa/ kelurahan, termasuk para camat, kepala desa dan lurah.

Wabup Rohul Sukiman mengucapkan terima kasih karena ternyata kaum ibu juga mampu melaksanakan upacara peringatan Hari Ibu. Hal itu terlihat dengan antusiasnya pelaksanaan, sehingga upacara Hari Ibu cukup meriah walupun digelar secara sederhana, yang ditaja Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Rohul.

“Saya bangga kepada kaum ibu, yang semangat melaksanakan peringatan Hari Ibu tahun 2017. Sukiman meminta, agar kekerasan terhadap perempuan dan anak harus dihentikan sekarang juga, karena hal itu tidak mencerminkan penghormatan terhadap seorang ibu,” kata Sukiman.

“Setiap wanita atau perempuan akan menjadi seorang ibu dan perlu kita hormati dan kita sayangi jangan malah melakukan tindak kekerasan terhadap perempuan,” tambahnya.

Tambah Wabup Sukiman lagi, bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan perbuatan yang melanggar hukum, dirinya mengaku, jika ada Aparatur Sipil Negera (ASN) yang melakukan tidak kekerasan terhadap perempuan, ASN tersebut harus berurusan kepadanya.

“Kita akan berikan sanksi nantinya ke ASN tersebut, berarti dia tidak cocok menjadi ASN bila melakukan kekerasan terhadap perempuan,” imbuhnya.

Wabup Rohul H. Sukiman tampak antusias saat mengikuti lomba menggiling cabe di Peringatan Hari Ibu

Sukiman mengimbau para ibu-ibu agar melaporkan ke pihak yang berwajib, jika ASN melakukan kekerasan terhadap perempuan. Wabup juga berharap, agar ibu-ibu tidak takut untuk melaporkan tindakan kekerasan terhadap perempuan.

Dirinya juga berharap ke seluruh masyarakat Rohul, agar menghormati ibu dan sayangilah dirinya. Tanpa adanya ibu Indonesia tidak akan merdeka. Apalagi, peran ibu sangat besar dalam mendidik dan membesarkan generasi muda Rohul dan indonesia. Untuk itulah Stop kekerasan terhadapnya mari sayangi dan cintai dirinya.

“Ibu juga harus bisa menjadi panutan dalam mendidik anaknya, sehingga generasi ke depan akan ber‎kualitas dan semakin hebat,” ujarnya.

“Mudah mudahan ibu-ibu di Rohul tidak pernah letih menjaga dan mendidik anak-anak nya, sehingga generasi muda akan menjadi lebih hebat dan besar ‎lagi,” terang Wabup Rohul Sukiman.

Saat lomba giling cabe rangkaian memeriahkan memperingati hari Ibu ke 89, yang membawa tema ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”. Perlombaan hanya diberikan waktu 20 menit dengan penilaian cabe merah yang digiling halus dan banyak.

“Kegiatan ini biasa kita lakukan, sebab kalau kita pergi perang ya kita masak dan mengiling cabe ya sendiri”, ungkap Sukiman seraya tertawa kecil.

Tidak hanya lomba giling cabe, kaum ibu baik dari Persit Kartika Candra kirana, Ibu PKK dan Ibu Bhayangkari juga mengadakan lomba tarik tambang. Kecerian terlihat terpancar saat mengikuti perlombaan. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan