riauidcom | Berita Riau Terkini

Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Ke-93, Ribuan Jemaah Suluk Naqsabandiyah Rohul Berangkat ke Basilam Langkat - riauidcom

Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Ke-93, Ribuan Jemaah Suluk Naqsabandiyah Rohul Berangkat ke Basilam Langkat

Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Ke-93, Ribuan Jemaah Suluk Naqsabandiyah Rohul Berangkat ke Basilam Langkat
Jemaah suluk Naqsabandiyah Rohul sedang bersiap berangkat ke Basilam, Langkat, Sumatera Utara

ROKAN HULU, Riauid.com — Diperkirakan 1.250 lebih jemaah suluk Tarekat Naqsabandiyah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), berangkat ke Basilam Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara hadiri peringatan Haul atau wafatnya Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi ke-93 tahun 2017, yang digelar Sabtu (18/2/2017) esok.

Ribuan jemaah tarekat dari 16 kecamatan se-Kabupaten Rohul, bergerak ke Basilam Langkat, Kamis (16/2/2017) sekitar pukul 14.30 Wib, dengan menumpangi 17 bus carteran termasuk puluhan mobil pribadi. Jemaah berangkat dari beberapa titik yang sudah ditentukan.

Hal itu dikatakan Ketua Tarekat Naqsabandiyah Kabupaten Rohul, Ade Irwan Hudayana, bergelar Tongku Mudo, kepada wartawan, Kamis sore.

Jelas Ade, ribuan jemaah suluk Tarekat Naqsabandiyah asal Rohul yang berangkat berasal, dari kumpulan Basilam, Batu Basurat, Tanjung Morawa dan Profesor Syekh Khidirun Yahya.

Ade berharap, Pemkab Rohul tetap dan lebih memperhatikan jemaah Tarekat Naqsabandiyah, apalagi Rohul sudah dikenal sebagai daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk. Apalag, sosok Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi penyebar ajaran tarekat Naksabandi, merupakan putra asli kelahiran Kabupetan di Rohul, dari Desa Rantau Binuang Sakti, Kecamatan kepenuhan.

“Kami berharap Pemkab Rohul, bisa benar-benar memperhatikan keberadaan jemaah (Tarekat Naqsabandiyah), karena negeri kita terkenal dengan para tokoh tasawuf yang ada di berbagai daerah,” jelasnya.

Selain ikut menghadiri hari wafat Syekh Abdul Wahab Rokan, katas Ade, 136 jemaah suluk asal Rohul juga sudah melaksanakan suluk selama 10 hari di Basilam, dimulai 8 Februari 2017 lalu. Kini pengurus Tarekat Naqsabandiyah Kabupaten Rohul hanya memberikan sumbangan seadanya untuk proses keberangkatan jemaah Tarekat Naqsabandiyah ke Basilam, Langkat.

“Kita bangga, karena tahun ini jumlah jemaah sangat luar biasa ramainya yang berangkat ke Basilam Langkat, tidak seperti tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Dikatakan Gusnar Syafaren, salah seorang jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rohul berharap doa dari masyarakat Rohul, agar perjalanan mereka ke Basilam aman, dan selamat sampai tujuan, serta selamat ketika pulang ke daerah masing-masing.

Dirinya menyatakan, ikut berangkat, untuk menghadiri puncak Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi, serta mengikuti beberapa kegiatan ibadah selama di Basilam. (Sof)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan