riauidcom | Berita Riau Terkini

Jembatan Sei Sawan Ujung Batu yang Amblas Mulai Diperbaiki

Jembatan Sei Sawan Ujung Batu yang Amblas Mulai Diperbaiki

Jembatan Sei Sawan Ujung Batu yang Amblas Mulai Diperbaiki
Kondisi jembatan Sei Sawan Ujung Batu, Rohul, yang amblas

ROKAN HULU — Jembatan Sei Sawan, yang amblas pada Minggu lalu akibat tergerus aliran sungai Sawan, Rabu (27/12/2017) mulai diperbaiki, dan dilakukan pemerintah kecamatan Ujung Batu bersama pihak ketiga.

Mempermudah jalamnya proses perbaikan, proses perbaikan dilakukan dengan melakukan pengalihan Sementara aliran anak sungai sawan, ke sisi kanan jembatan. Kemudian, setelah anak sungai dialihkan, nantinya sisi jembatan yang amblas akan dipasangi pancang kayu serta karung pasir, di sisi kanan dan kiri jembatan, agar abrasi yang menyebabkan jembatan ini amblas tidak semakin parah.

Camat Ujung Batu fisman Hendri, Kamis (28/12/2017), mengatakan dirinya sudah turun langsung memantau perbaikan jembatan Sei Sawan Rabu kemarin. Saat ini kendala utama yang dihadapi dalam perbaikan jembatan sei sawan masih disebabkan derasnya arus anak sungai yang bermuara ke sungai rokan kiri.

“Sore kemarin perbaikan jembatan Sei Sawan sudah kita mulai, kita tidak bisa prediksi kapan perbaikan darurat ini akan selesai dilakukan, tapi kita tetap upayakan secepatnya, agar jembatan ini bisa dilalui,” ucap Fisman Hendri.

Masyarkat secara swadaya sejak hari minggu lalu, telah membuat jembatan darurat, untuk menyambung jembatan yang amlas. Namun jembatan darurat tersebut, hanya bisa dilakui kendaraan roda dua.

Sedangkan untik kendaraan roda empat dari Desa Pematang Tebih menuju Desa Lubuk Bendahara Timur dan Pemandang Kecamatan Rokan IV Koto atau arah sebaliknya, harus memutar melalui desa lubuk bendahara yang jaraknya cukup jauh.

Ditanya anggaran untuk perbaikan jembatan Sei sawan ini, Fisman Hendri menyebutkan, sepenuhnya di tanggulangi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Karena sifatnya mendesak, maka perbaikan atau pembangunan jembatan darurat ini ditanggulangi pihak ketiga sambil menunggu proses pencairan dana dari BPBD Rohul.” jelas Fisman Hendri. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan