riauidcom | Berita Riau Terkini

KBM di Desa Koto Ranah Berjalan Sukses, Mahasiswa UPP: Kami Seperti Pulang Kampung - riauidcom

KBM di Desa Koto Ranah Berjalan Sukses, Mahasiswa UPP: Kami Seperti Pulang Kampung

KBM di Desa Koto Ranah Berjalan Sukses, Mahasiswa UPP: Kami Seperti Pulang Kampung
Pusat Kemah Bakti Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) di Desa Koto Ranah, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Riau

ROKAN HULU — Kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) yang dilaksanakan di Desa Koto Ranah, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) selesai pada hari ini, Minggu (25/2/2018).

KBM di Desa Koto Ranah sendiri diikuti sekira 500-an mahasiswa UPP dibuka oleh Bupati Rohul H. Sukiman didampingi Kepala Disparbud Rohul Drs. Yusmar M.Si, serta Rektor UPP DR. Adolf Bastian M.Pd, pada Kamis malam (22/2/2018), sekaligus Pencanangan Desa Koto Ranah sebagai Kampung Wisata pertama di Kabupaten Rohul.

Berbagai kegiatan dilakukan ratusan mahasiswa UPP selama empat hari KBM di Koto Ranah, baik penghijauan, aksi bakti sosial gotong-royong, membersihkan jalur ke Puncak Ranah dengan ketinggian 900 MDPL di kawasan Bukit Suligi, penaburan benih ikan di sungai sekitar, dan lainnya.

Berbagai tanggapan disampaikan mahasiswa UPP selama pelaksanaan KBM. Sebagian dari mereka merasa puas mengikuti KBM di Desa Koto Ranah karena udara di desa ini dinilai masih‎ sejuk dan suasana masih asri.

Diakui mahasiswa UPP asal Kecamatan Kepenuhan bernama Alfa Syahputra, dirinya mengaku selama mengikuti KBM di Desa Koto Ranah seras pulang kampung.‎

Alfa mengaku dirinya serasa pulang kampung, karena 5 bulan lalu,‎ pihak kampus menempatkan dirinya dan 30 mahasiswa UPP lain melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau Kunkerta di Kecamatan Kabun, terdiri 15 mahasiswa di Desa Giti dan 15 mahasiswa lagi di Desa Aliantan.‎‎

“KBM di Desa Koto Ranah membuat saya seperti kembali ke kampung sendiri. Semua perjuangan selama KKN di sini, rasanya terulang kembali di KBM ini,” jelas Alfa Syahputra, Minggu, pernah‎ jadi Koordinator kecamatan (Korcam) Mahasiswa KKN di Kecamatan Kabun periode 2017.

Alfa mengaku setelah 5 bulan berlalu, dirinya bisa bertemu lagi dengan Camat Kabun Anang Perdana Putra, Kades dan warga Aliantan‎.

“Sudah kayak jumpa sanak saudara. Pokoknya kayak pulang ke kampung sendiri,” kata Alfa.

Alfa sangat berharap kehadiran mahasiswa UPP di Desa Koto Ranah memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat setempat, baik dalam kegiatan desa dan kepemudaan, serta mengulang sejarah kesukssesan mahasiswa KKN UPP dalam mempromosikan objek wisata Suligi Hill di Desa Alintan pada tahun 2017.

“Saya yakin mahasiswa UPP dengan program KBM mampu mempromosikan destinasi wisata Menggapai Matahari di Puncak Ranah yang ada di Desa Koto Ranah ini,” tutup Alfa. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan