riauidcom | Berita Riau Terkini

Kepala PMPD Rohul Akui Aplikasi Siskeudes Permudah Penyusunan Laporan Keuangan Desa - riauidcom

Kepala PMPD Rohul Akui Aplikasi Siskeudes Permudah Penyusunan Laporan Keuangan Desa

Kepala PMPD Rohul Akui Aplikasi Siskeudes Permudah Penyusunan Laporan Keuangan Desa
Bimtek Aplikasi SisKeuDes di Pasir Pengaraian, Rohul

ROKAN HULU, Riauid.com — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Abdul Haris mengakui aplikasi SisKeuDes (Sistem Keuangan Desa) memudahkan petugas dalam menyusun laporan keuangan desa.

Demikian diakuinya terkait hasil Bimbingan Teknis (Bimtek) tata cara penggunakan aplikasi SisKeuDes ke seluruh perangkat desa dan pendamping profesional di Kabupaten Rohul, Jumat (17/2/17) lalu.

Terang Abdul Haris bahwa aplikasi SisKeuDes memudahkan seluruh perangkat desa dan pendamping profesional di Rohul dalam penyusunan laporan keuangan desa. Kegiatan itu, dilaksanakan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau, kerjasama dengan Dinas PMPD Rohul.

“Bila aplikasi Siskeudes dimanfaatkan desa, maka mulai dari perencanaan sampai pelaporan keuangan akan semakin mudah, karena dalam aplikasi tersebut sudah ada semuanya,” jelasnya.

Melalui aplikasi Siskeudes tersebur jelas Abdul Haris lagi, juga dipakai untuk pengelolaan APBDes yang sumber keuangan dari bantuan Dana Desa dan bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) dan laporan hasil pajak, juga untuk laporan lainnya.

Sejauh ini, laporan keuangan desa tahun 2016 hampir seluruh desa sudah serahkan laporan ke Dinas PMPD Rohul, hanya beberapa desa lagi yang belum menyerahkan. Kini, Dinas PMPD Rohul sendiri sudah memberikan batas waktu ke desa yang belum melaporkan keuanganya, paling lambat minggu ketiga Februari 2017.

“Sehingga tahun 2017 inu, nantinya seluruh desa sudah gunakan sistim aplikasi SisKeuDes,” katanya.

Abdul Haris berharap seluruh aparatur desa terutama petugas di bidang keuangan, mereka sudah mengdunakan Siskuedes saat membuat laporan keuangan desa, sehingga perencanaan atau pelaporan keuangan desa sesuai yang diharapkan pemerintah. (Sof)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan