riauidcom | Berita Riau Terkini

Kabupaten Rohul Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

Keren, Kabupaten Rohul Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

Keren, Kabupaten Rohul Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli HAM
H. Helfiskar SH, MH

ROKAN HULU — Untuk pertama kalinya, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, menerima anugerah penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia tahun 2016 dari Presiden Republik Indonesia Joko widodo yang diterima pada Minggu (10/12/2017).

Penetapan tersebut sesuai Surat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum dan HAM) RI Nomor: M.HH-01.H.A.02.02 tahun 2017 tentang penetapan Kabupaten Peduli HAM tahun 2016, diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul Ir Damri Harun MM.

Kriteria menurut Permenkum HAM Nomor 34 tahun 2016 adalah terpenuhinya enam kategori Hak meliputi Hak Atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas perumahan yang layak serta hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Rohul H. Helfiskar SH, MH mengungkapkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM diterima dari Presiden Joko Widodo tidak terlepas komitmen dari Pemkab Rohul dalam memperhatikan dan peduli serta menjunjung tinggi HAM, sesuai Permenkum HAM Nomor 34 tahun 2016.

Anugerah Penghargaan diterima Rohul, menurut Helfiskar, merupakan hasil kerjasama Panitia Ranham dan OPD terkait yang dituangkan dalam banyak program kegiatan pembangunan.

Mantan Kabag Hukum Setda Rohul tersebut menjelaskan, sebelum penyerahan penghargaan telah dilakukan penilaian oleh tim Pusat yang turun langsung ke Kabupaten Rohul. Penilaian terdiri dua kategori, pertama peduli HAM dan kedua cukup peduli.

“Alhamdulilah Kabupaten Rokan Hulu dianugerahi sebagai Kabupaten Peduli HAM tahun 2016. Piagam penghargaan diterima pada hari Minggu (10/12/2017) di Solo Provinsi Jawa Tengah bersempena peringatan HAM sedunia,” ungkapnya.

Helfiskar berharap pimpinan OPD ke depan dapat menyampaikan data-data untuk pelaksanaan program kegiatan yang memenuhi unsur perhatian atau kepedulian terhadap HAM yang akan disiapkan tahun 2018. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan