riauidcom | Berita Riau Terkini

Ketua DPRD Rohul Desak Pemprov Riau Segera Proses Registrasi Desa Persiapan - riauidcom

Ketua DPRD Rohul Desak Pemprov Riau Segera Proses Registrasi Desa Persiapan

Ketua DPRD Rohul Desak Pemprov Riau Segera Proses Registrasi Desa Persiapan
Kelmi Amri SH

ROKAN HULU — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Kelmi Amri SH, mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera memproses Penerbitan Nomor Registrasi Desa persiapan yang diusulkan Pemkab Rohul.

Menurut Anggota Fraksi Partai Demokrat di DPRD Kabupaten Rohul ini, pemekaran desa di Kabupaten Rohul sangat urgen.

Kelmi menilai, Pemprov Riau kurang serius dalam memproses surat yang diajukan Pemkab Rohul terkait permintaan nomor registrasi Perbub yang sudah diterbitkan oleh Pemkab Rohul terkait pemekaran desa.

Hingga kini, surat permintaan Nomor registrasi belum juga ditindaklanjuti oleh Biro Tapem, Biro hukum dan BPM Bangdes Provinsi Riau.

“Dua hari lalu saya sudah ketemu kepala biro tapem Pemprov Riau dan sekretaris BPM Bangdes Riau, kita cek surat ke sana, ternyata surat yang masuk melalui Biro Umum belum diteruskan ke Biro Tapem, Biro Hukum maupun BPM Bangdes untuk diharmonisasi,” ungkap Kelmi Amri.

Mantan Ketua KNPI Rohul ini berharap Pemprov Riau serius mengurusi Pemekaran Desa, karena pemekaran desa di Kabupaten Rohul merupakan sebuah kebutuhan masyarakat kita dalam rangka memperpendek pelayanan administrasi pemerintahan.

“Kita apresiasi dengan semangat Pemkab Rohul yang sudah menuntaskan verifikasi secara administrasi dan tekhnis, ini hanya tahap yang harus dilalui. Harapan kita Pemprov serius lah,” harap Kelmi.

Saat ini, tambah Kelmi, ada 30 Calon Desa Persiapan yang sudah di-Perbup-kan oleh Pemkab Rohul, hanya tinggal menunggu nomor registrasi Desa.

Setelah Nomor Regsitrasi keluar dan sudah keluar SK Gubernur Riau, maka Pemkab Rohul harus menganggkat unsur PNS sebagai Penjabat Kepala Desa.

Disinggung apakah tahapan pemekaran Desa Persiapan dimulai kembali dari awal, karena sebelumnya Pemkab Rohul sudah membentuk desa persiapan serta menujuk Pj Kades di masing-masing Desa Persiapan, Kelmi menampik hal tersebut.

Menurut putra Mahato Kecamatan Tambusai Utara ini, tahapan pembentukan desa persiapan dan pengangkatan Pj Kades yang dilakukan pada pemerintahan terdahulu merupakan tahapan pembentukan kerangka Desa Pra Persiapan menuju desa persiapan. Tujuanya agar proses Pembentukan Desa persiapan dapat dilakukan secara sistematis.

“Kita lebih memahami pembentukan Desa Persiapan dan pengkangkatan Pj kades di era sebelumnya itu adalah tahapan pembentukan Desa Pra Persiapan, tapi agar tersistematis diangkatlah pejabat yang secara keuangan jabatan tidak punya kewenangan, tapi mampu mengelola tatanan masyarakat di bawah agar tahapan demi tahapan dapat selesai,” ujarnya.

Kelmi mengharapkan setelah SK dan Nomor Registrasi Desa Persiapan dikeluarkan Pemprov Riau, proses pendefenitifan 30 Desa Persiapan akan selesai dalam kurun dua tahun.

“Apalagi mengingat akan dilakukannya Pilgubri dan Pileg 2019, maka kita harapkan tahun 2018 mendatang 30 desa persiapan tersebut sudah masuk dalam tahapan Pembuatan peraturan daerah dengan kata lain defenitif,” tutup Kelmi. (sof)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan