riauidcom | Berita Riau Terkini

Korea Selatan Menjadi Tempat Favorit Berwisata Turis Indonesia - riauidcom

Korea Selatan Menjadi Tempat Favorit Berwisata Turis Indonesia

Korea Selatan Menjadi Tempat Favorit Berwisata Turis Indonesia
Istana Changdeokgung, Korea Selatan

PEKANBARU — Korea Selatan (Korsel) punya banyak destinasi yang menarik. Dan saat ini, negara Ginseng tersebut menjadi tujuan favorit turis asal Indonesia. Hal itu dibuktikan, Indonesia menempati peringkat ke sembilan sebagai negara penyumbang turis mancanegara terbanyak di Korsel.

Hal itu sesuai data dari Korea Tourism Organization (KTO) 2016. Data statistik menunjukan, pada 2016 ada sekira 17.241.823 wisatawan asing berkunjung ke Korsel. Angka kunjungan naik 30,3 persen dibanding tahun sebelumnya, tahun 2015, sekira 13.231.651 wisatawan.

Kunjungan wisatawan Tiongkok meningkat 34 persen dibanding 2015. Kunjungan wisatawan asal enam negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia meningkat sekira 39 persen dibandingkan 2015.

Salah satunya adalah karena digalakkannya promosi paket wisata musim dingin, serta dibukanya rute baru ke Korsel (Delhi-Incheon oleh Korean Air, Incheon-Hanoi/Busan-Hanoi oleh Vietjet).

Peningkatan jumlah wisatawan dari Indonesia mencatat angka tertinggi di wilayah Asia Tenggara, yakni 52 persen. Tahun 2016, sebanyak 295.000 wisatawan asal Indonesia mengunjungi Korea Selatan.

Menara N Seoul Tower, Korea Selatan

Berdasarkan daftar wisatawan semua negara yang berkunjung ke Korea Selatan, Indonesia menduduki peringkat ke sembilan.

Direktur KTO Jakarta, OH Hyonjae, dalam rilisnya, mengatakan Indonesia punya penduduk sekira 250 juta, dan merupakan negara ke empat dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, serta negara dengan mayoritas Muslim terbanyak di dunia.

“Tingkat pertumbuhan wisatawan ke Korea-nya sangat tinggi. Dalam 10 tahun ke depan, diperkirakan Indonesia akan jadi pasar yang besar bagi pariwisata Korea dan akan masuk ke posisi 3-4 bersama dengan Tiongkok, Jepang, dan lainnya,” ungkap OH Hyonjae, Rabu (15/2/2017).

Berikut sepuluh negara penyumbang wisman terbanyak di Korsel, berdasarkan data KTO:

1. Tiongkok

2. Jepang

3. Amerika

4. Taiwan

5. Hongkong

6. Filipina

7. Thailand

8. Malaysia

9. Indonesia

10. Vietnam. *(asr)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan