riauidcom | Berita Riau Terkini

Lima Destinasi Wisata Menarik dan Eksotis di Provinsi Aceh yang Wajib Dikunjungi - riauidcom

Lima Destinasi Wisata Menarik dan Eksotis di Provinsi Aceh yang Wajib Dikunjungi

Lima Destinasi Wisata Menarik dan Eksotis di Provinsi Aceh yang Wajib Dikunjungi
Masjid Baiturrahman yang menjadi ikon Provinsi Aceh

BANDA ACEH — Provinsi Aceh terkenal dan punya banyak destinasi wisata yang eksotis. Selain sisa-sisa bencana Tsunami yang kini dijadikan sebagai tempat wisata, Aceh juga punya banyak tempat wisata yang patut disinggahi.

Berikut lima destinasi wisata di Provinsi Aceh menarik dan cocok dijadikan tempat nongkrong bagi masyarakat dan wisatawan saat mampir di Provinsi Aceh.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Baiturrahman menjadi masjid paling terkenal di Aceh. Masjid yang dibangun Sultan Iskandar Muda ini selamat dari terjangan tsunami pada 2004 silam.

Masjid ini menjadi salah satu ikon wisata di Aceh. Tak pelak banyak wisatawan yang berkunjung ke masjid ini.

Masjid ini terdiri dari bangunan utama bertembok putih dan punya kubah berwarna hitam. Ada tujuh menara yang mengelilingi bangunan utama. Sedangkan di depan masjid ada kolam besar yang menambah keindahan Masjid Baiturrahman.
2. Tugu Nol Kilometer, Sabang

Tugu Nol Kilometer, Sabang, Aceh

Destinasi yang tak kalah terkenal adalah Tugu Nol Kilometer di Sabang, Pulau Weh. Pulau Weh terletak di sebelah utara Kota Banda Aceh. Pemandangan indah khas Pulau Weh dan Tugu Nol Kilometer siap memanjakan Anda dan keluarga.

Cara menuju ke sana cukup mudah dengan menyeberang menggunakan kapal dari Pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh. Terdapat dua pilihan moda transportasi yang bisa Anda tumpangi, yakni kapal cepat dan kapal feri.

Untuk kapal cepat, waktu tempuh dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Pelabuhan Balohan di Sabang adalah 45 menit. Sedangkan untuk kapal feri sedikit lebih lama yaitu 2 jam.

3. Warung Kopi Solong

Masyarakat Aceh tidak lepas dari budaya ngopi. Ada tempat ngopi dan nongkrong yang menarik dan membuat Anda betah berlama-lama di sana, seperti di kedai legendaris Warung Kopi Solong yang sudah ada sejak 1964.

Warung kopi ini pakai kopi khas asal Aceh, yakni kopi Ulee Kareng, sebuah kecamatan di Aceh yang tersohor oleh cita rasa kopinya. Kopi robusta dicampur jagung, biji jagung, gula, dan mentega sehingga menciptakan rasa yang tidak biasa.

Warung Kopi Solong terletak di Jalan T Iskandar No 13-14, Banda Aceh. Anda bisa menyeruput kopi sambil menyantap aneka masakan khas Serambi Mekah tersebut.

4. Rumah Cut Nyak Dhien

Rumah Cut Nyak Dhien, Aceh

Cut Nyak Dhien dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Aceh. Rumah Cut Nyak Dhien merupakan replika dari rumah sebelumnya yang sudah dibumihanguskan oleh tentara Belanda.

Rumah Cut Nyak Dhien terletak tak jauh dari kota Banda Aceh, tepatnya di Desa Lampisang, Kabupaten Aceh Besar. Hanya membutuhkan waktu tempuh 20 menit dari Banda Aceh.

5. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam, Aceh

Selain punya wisata sejarah dan pantai, Aceh juga kaya dengan wisata air terjun. Salah satu air terjun yang tak boleh Anda lewatkan di Aceh adalah Air Terjun Blang Kolam.

Air terjun Blang Kolam terletak di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Satu hal yang identik dari air terjun ini yaitu adanya 99 anak tangga yang harus wisatawan turuni ketika ingin melihat air terjun lebih dekat. (asr)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan