riauidcom | Berita Riau Terkini

10 Ribuan Buruh K-SPSI Riau Berencana Turun ke Jalan Pekan Depan

Menolak PHK Buruh HTI, 10 Ribuan Buruh K-SPSI Riau Berencana Turun ke Jalan Pekan Depan

Menolak PHK Buruh HTI, 10 Ribuan Buruh K-SPSI Riau Berencana Turun ke Jalan Pekan Depan
ilustrasi

PEKANBARU — Sekira 10 ribu buruh tergabung di K-SPSI Provinsi Riau berencana menggelar aksi demontrasi pada Senin (23/10/2017) pekan depan, menolak adanya wacana Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap buruh yang bekerja di bidang Hutan Tanaman Industri (HTI).

Kemenentrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia dinilai mengabaikan keputusan Mahkamah Agung (MA) soal judicial review terhadap Permen LHK No 17/ MENLHK/ SETJEN/ KUM.1/2/2017.

Aksi demontrasi besar-besaran tersebut akan dipimpin 100 Koordinator Lapangan dari 12 kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Riau.

Massa dari daerah juga akan mendapatkan pengawalan dari aparat Kepolisian setempat sampai di perbatasan kota, dan disambut personel Polda Riau dan Polresta Pekanbaru sampai ke titik kumpul di Jalan Sudirman, atau seputaran Kantor Gubernur Riau.

Masih sesuai rencana lagi, setelah menyuarakan aspirasinya, ribuan buruh K-SPSI akan menggelang long march sampai ke Gedung DPRD Provinsi Riau.

“Rencananya aksi akan diikuti Sekjen DPP SPSI H. Rudi Hadi Prayitno. Kita instruksikan ke seluruh anggota untuk bisa mengendalikan diri dan tidak anarkis,” harap Ketua DPD K-SPSI Riau, Nursal Tanjung, Kamis (19/10/2017).

Nursal minta Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bisa menerima mereka saat aksi damai nanti. Menurutnya, aksi mereka bukan hanya masalah menolak PHK terhadap 200 ribuan pekerja, namun juga berdampak terhadap pendapatan daerah.

“Kami minta agar kegiatan berjalan dengan baik dan lancar hingga sampai ke tujuannya tanpa ada tindakan anarkis. Pemerintah bertanggungjawab untuk mensejahterakan rakyatnya. Nantinya aspirasi akan disampaikan Pemerintah Daerah ke Pemerintah Pusat,” jelas Nursal.

Bila aksi tidak mendapat respon positid dari pemerintah, kata Nursal, DPP K-SPSI Riau akan menggelar unjung rasa ke Gedung DPR RI dan Istana Negara. Rencana aksi akan diikuti 200 ribuan buruh dari seluruh Indonesia.

DPD SPSI mengajukan 5 poin dalam gugatannya, di antaranya soal RTRW Provinsi dan mengenai pemberlakuan tentang perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut pada IUPHHK-HTI yang telah beroperasi sebelum Peraturan Pemerintah 71 Tahun 2014 jo PP 57 Tahun 2016 diterbitkan. (sul)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan