riauidcom | Berita Riau Terkini

MTsN 2 Rohul Terus Berupaya Meningkatkan Mutu Pendidikan

MTsN 2 Rohul Tingkatkan Mutu Pendidikan, Resmikan Toilet Sehat, LDK dan Workshop

MTsN 2 Rohul Tingkatkan Mutu Pendidikan, Resmikan Toilet Sehat, LDK dan Workshop

ROKAN HULU — Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Rokan Hulu (Rohul) terus berinovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal itu dibuktikan dengan diresmikannya toilet sehat sebagai sarana pendukung program Adiwiyata dan Sekolah Sehat tingkat Nasional.

Ada toilet 6 pintu yang dilengkapi fasilitas wastafel di MTsN 2 Rohul dan sudah diresmikan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Rohul Drs H Syahruddin M.Sy, sekaligus membuka resmi kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) diikuti 444 siswa/i Madrasah, Kamis (19/10/2017).

Dalam upaya memberikan wawasan dan kompetensi bagi guru dalam meningkatkan pembelajaran bagi siswa di sekolah, madrasah dikepalai oleh Drs Afdizon juga menggelar pembinaan peningkatan mutu madrasah dan Workshop Kurikulum 2013 di aula MTsN 2 Rohul, dengan peserta 48 orang terdiri dari guru, tata usaha dan 4 orang kepala madrasah tergabung di KKM MTsN 2 Rohul.

Kepala MTsN 2 Rohul Drs Afdizon mengatakan dalam mewujudkan sekolah Program Adiwiyata dan sekolah Sehat tingkat Nasional, dirinya bersama majelis guru dan komite sekolah sudah melakukan langkah-langkah seperti menyatukan komitmen dalam melengkapi sarana dan prasarana madrasah secara bertahap.

Afdizon menambahkan, MTsN 2 Rohul juga membentuk beberapa kelompok kerja (Pokja) Adiwiyata dan Sekolah Sehat, melaksanakan lomba kelas rindang, bersih dan hijau, pemberian otonomi kelas untuk menata kelasnya, piket permanen setiap hari, polisi lingkungan, pengawasan lingkungan setiap hari oleh managerial harian terdiri dari kepala madrasah, KTU dan 4 wakil.

“Kemudian menjalin kemitraan dengan pihak wali murid dan intansi terkait,” ujar Afdizon didampingi Ketua Adiwiyata MTsN 2 Rohul Mazwir Zakaria SPd.

Ketua Panitia LDK, Ahlakkisman SAg MPdI, menambahkan Latihan Dasar Kepemimpinan ini dilaksanakan selama tiga hari, dengan materi PBB, tata cara upacara, dan memberikan pemahaman dasar kepemimpinan Islam.

“Instruktur LDK ini terdiri dari pak Kakan Kemenag Rohul, Purna Paskibra tahun 2017 dan Panit II Lantas Polsek Ujung Batu, Bripka Rudi Karmani dan Banit Lantas, Bripka R Sitompul, dan guru madrasah,” sebut Ahlakkisman, yang juga menjabat Waka Kesiswaan MTsN 2 Rohul.

Sementara, Kakan Kemenag Rohul Syahruddin dalam arahannya memuji prestasi yang ditorehkan MTsN 2 Rohul baik ditingkat kabupaten dan provinsi. Melalui kegiatan LDK. Dirinya berharap membawa nuansa baru buat siswa, untuk mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan.

Mantan Kasi Pendis Kemenag Rohul menyatakan ada tujuh kriteria yang harus dimiliki calon pemimpin. Pertama kesiapan mental, harus punya minat dan kemampuan yang luas, mahir berkomunikasi.

“Calon pemimpin juga harus matang, artinya meninggalkan sifat kekanak-kanakan. Kemudian harus punya kekuatan motifasi, punya kemampuan administrativ dan seorang pemimpin harus mempunyai ketrampilan sosial,” jelasnya.

Syahruddin berharap ada peningkatan mutu dan kualitas guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa. Apalagi tahun pelajaran 2017-2018, pemerintah sudah mengharuskan sekolah melaksanakan program K-13.

“Mutu sekolah berkaitan dengan disiplin. Guru harus berinovasi dan bisa berikan pembelajaran, jangan hanya melepaskan jam bertugas, kalau bisa study banding ke sekolah-sekolah yang sudah maju,” saran Syahrudin.

Kakan Kemenag Rohul juga mengajak para guru untuk lebih memperbanyak belajar melalui internet. Sehingga pola pembelajaran di sekolah tidak terkesan monoton.

“Apalagi Ujian Nasional tahun 2018 dipercepat antara bulan Februari dan Maret mendatang. Saya berharap peluang yang agak sempit ini dimanfaatkan mengejar pelajaran tertinggal, bila perlu buat ringkasan,” harap Syahrudin. (sof)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan