riauidcom | Berita Riau Terkini

Pekan Olahraga Forkesnmen di RSJ Tampan Dibuka Menteri Kesehatan

Pekan Olahraga Forkesnmen di RSJ Tampan Dibuka Menteri Kesehatan

Pekan Olahraga Forkesnmen di RSJ Tampan Dibuka Menteri Kesehatan
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek membuka Pekan Olahraga Forkesnmen di RSJ Tampan, Pekanbaru, Riau

PEKANBARU — Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek resmi membuka Pekan Olahraga Kesenian Rehabilitan Mental (Forkesnmen) dan Jambore Kesehatan Jiwa Nasional VI dan Musyawarah Nasional (Munas) Arsawakoi, di kawasan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Kota Pekanbaru, Riau.

Sebelum membuka Pekan Olahraga Forkesnmen dan Jambore Kesehatan Jiwa Nasional VI serta Munas Arsawakoi, ada parade kontingen yang semuanya pasien gangguan jiwa berasal dari RSJ di berbagai provinsi di Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bukan hanya sekedar berkumpul tapi ada pesan yang ingin disampaikan untuk semangat membebaskan diri dari gangguan mental dan jiwa,” sampai Nila F Moeloek dalam sambutannya, Jumat (20/10/2017).

Berbagai cabang olahraga dilombakan di ajang Forkesnmen di Kota Pekanbaru, seperti catur, tenis meja, futsal, dan lainnya.

“Semakin meningkatnya kesehatan jiwa tentu semakin meningkat pula kepercayaan diri bagi mereka kembali berinteraksi bersama masarakat,” papar Menkes.

Kegiatan sendiri sudah dimulai sejak Rabu (18/10/2017) lalu dan baru berakhir Sabtu (21/10/2017) besok.

Masih di tempat sama, Gubernur Riau Arsyadjualiandi Rachman berkomitmen untuk memberikan pelayanan terhadap para pasien gangguan mental dan jiwa, seperti status agreditasi RSJ Tampan sebagai rumah sakit paripurna.

Tidak hanya RSJ Tampan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad juga lebih dulu mendapatkan agreditasi, sedangkan RS Petala Bumi masih dalam proses.

“Sebagai bentuk komitmen kami, Pemerintah Provinsi (Riau) melaksanakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Selain itu, Pemerintah Provinsi juga komitmen menganggarkan dana untuk kesehatan masyarakat dalam berbagai program lainnya,” ungkap Gubri dalam sambutannya.

Pria yang akrab disapa Andi Rachman mengungkapkan total anggaran dibutuhkan dan telah disalurkan sebesar Rp 500 miliar lebih ke kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Riau untuk bidang kesehatan.

“Sebagai mandatori, Pemprov Riau juga menyiapkan Rp 1,2 triliun dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” ungkap Andi.

Pembukaan Forkesnmen di RSJ Tampan juga dihadiri Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Direktur RSJ Tampan Hasneli Juita, Direktur RSU Arifin Achmad, dan banyak undangan lainnya. (sul)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan