riauidcom | Berita Riau Terkini

kecamatan kampa, kampar, akan dijadikan pusat industri perikanan

Pemkab Kampar Siapkan Lahan 68 Hektar untuk Pusat Industri Perikanan di Kecamatan Kampa

Pemkab Kampar Siapkan Lahan 68 Hektar untuk Pusat Industri Perikanan di Kecamatan Kampa
Bupati Kampar Azis Zaenal, didampingi Wabup Kampar Catur Sugeng Susanto meninjau lokasi yang akan dijadikan kawasan industri di Kecamatan Kampa

KAMPAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, Riau, berencana menjadikan Kecamatan Kampa sebagai pusat industri perikanan. Pemerintah daerah sendiri telah menyiapkan lahan seluas 68 hektar untuk rencana besar tersebut.

Pada Kamis (12/10/2017), Bupati Kampar Azis Zaenal didampingi Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Sekda Kampar Yusri, Asisten II Nurbit, Kadis Perikanan Usman, Camat Kampa Alkausar serta pimpinan OPD, meluangkan waktu untuk meninjau lahan pengolahan hasil perikanan berlokasi di Desa Koto Panjang, Kecamatan Kampa.

Bupati Azis mengatakan di atas lahan seluas 68 hektar tersebut, Pemkab Kampar berencana bangun pusat industri perikanan berupa gudang beku terintegrasi dengan contoh site plan UPI/ICS, dengan daya UPI Produksi 13,10, 5 ton/hari dengan kapasitas Cold Storage 200 ton.

Disinggung soal status pembangunan yang dulu pernah dicanangkan namun sempat terbengkalai, Bupati Kampar Azis mengaku pemerintah dirugikan, demikian juga masyarakat dan pelaku usaha perikanan.

“Pemerintah dan masyarakat dirugikan. Nyatanya coldstorage tak jadi, uang kita hilang. Lahan sudah dibebaskan dan orangnya tak jelas, artinya tidak ada pembangunan,” jelas Bupati Kampar Azis Zaenal.

Bupati Kampar juga meninjau langsung lokasi pembangunan. Azis berharap nantinya bukan hanya sekedar sentra industri perikanan saja dibangun, namun ke depannya menjadi ikon baru bagi Kabupaten Kampar, terutama di bidang pariwisata.

Pengunjung nantinya bisa menikmati proses pengolahan ikan dan menikmati suasana wisata di tepian Sungai kampar serta wisata kuliner di pusat industri perikanan di Kecamatan Kampa ini.

Membahas soal dana pembangunan, Bupati Azis mengaku telah mengirim Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar Usman untuk merebut dana pusat. Berkat perjuangan, Kabupaten Kampar mendapat bantuan dana Rp 20 miliar untuk pembangunan cold storage baru dan pusat industri perikanan.

“Pada bulan November atau Desember (2017) mendatang akan segera kita lelang,” kata Bupati Kampar, Azis Zaenal. (sah)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan