riauidcom | Berita Riau Terkini

Pemprov Riau Akan Sediakan Lahan 100 Ribu Hektar untuk Program Swasembada Jagung - riauidcom

Pemprov Riau Akan Sediakan Lahan 100 Ribu Hektar untuk Program Swasembada Jagung

Pemprov Riau Akan Sediakan Lahan 100 Ribu Hektar untuk Program Swasembada Jagung
Menteri Pertanian kunjungan kerja ke Kabupaten Pelalawan

PEKANBARU, Riauid.com — Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengakui dirinya sangat mendukung program Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman yang ingin jadikan Provinsi Riau seabagai daerah swasemba pangan, khususnya komuditas jagung. Salah satu bentuk dukungan Pemprov Riau, yakni menyiapkan lahan seluas 100 ribu hektar dengan manfaatkan lahan terbuka yang bermasalah untuk diambilalih jadi lahan pertanian jagung.

“Kita dukung program pak Presiden (Joko Widodo) melalui Menteri Pertanian, bagaimana kita swasembada jagung di Riau,” ujar Gubernur Riau di VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II usai menghadiri panen raya di Kabupaten Pelalawan, Jumat (17/2/2017).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sendiri berkeinginan menjadikan Provinsi Riau daerah swasembada jagung. Hasil produksi akan diekspor ke Malaysia dan Singapura, apalagi jarak yang tidak terlalu jauh dengan kedua negara jiran ini.

Diakui Mentan, sudah ada perusahaan yang sudah bersedia menampung dan akan memasarkan hasil pertanian jagung-jagung asal Riau, khususnya di Kabupaten Pelalawan ke Malaysia dan Singapura.‎

“Ini yang di Pelalawan akan kita ekspor. Sudah ada perusahaan yang akan mengekspor ke luar negeri,” kata Gubernur Riau.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menargetkan bisa merebut potensi pasar 1,5 juta ton pertanian, khususnya jagung di Malaysia dan Singapura. Menurutnya, selama ini kita dikenal dengan agraria, hasil pertanian di dua negara itu justru disuplay dari negara Vietnam dan Pakistan. “Itu pasar kita. Kita harus rebut,” kata Andi Amran.

Alasan untuk merebut pangsa pasar pertanian di dua negeri jiran sendiri mengingat jarak Riau khususnya Pelalawan lebih dekat. Kemudian potensi lahan pertanian dan perkebunan yang tersedia masih luas.

Mentan mengakui pemerintah pusat sendiri siap membantu agar ekspor pertanian jagung ke Singapura dan Malaysia lancar, mulai dari pengembangan bibit hingga memfasilitasi tercapainya target ekspor. Untuk lahan pertanian seluas 100 hektar sendiri diupayakan pemerintah daerah.

“Seratus ribu hektar yang kita siapkan untuk Riau. Anggarannya kita siapkan dari pusat. Kemudian ada jagung ada 10 ribu hektar kita kembangkan kita berikan untuk Riau,” jelas Andi Amran.

Kedatangan Mentan ke Pelalawan turut disambut Pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI Lodewyk Pusung, Kapolda Riau Irjend TNI Zulkarnain Adinegara, Danrem 031/WB Brigjend TNI Nurendi. (Sul)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan