riauidcom | Berita Riau Terkini

Pendaftaran Parpol Ditutup, 15 Parpol di Rohul Sudah Mendaftar ke KPU

Pendaftaran Parpol Ditutup, 15 Parpol di Rohul Sudah Mendaftar ke KPU

Pendaftaran Parpol Ditutup, 15 Parpol di Rohul Sudah Mendaftar ke KPU
Fahrizal ST, MT

ROKAN HULU — Masa pendaftaran Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 resmi ditutup Senin malam pukul 00.00 Wib. Terdata 15 Parpol sudah daftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Rohul, namun ada dua Parpol yang belum lengkapi berkas yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dikatakan Ketua KPU Rohul, Fahrizal, 15 Parpol di Rohul sudah resmi mendaftar ke KPU sebagai peserta pemilihan umum tahun 2019 mendatang.

“Ke 15 Parpol tersebut terdiri dari Partai Perindo, PDI-P. Nasdem, Golkar, Gerindra, Hanura, PKS, PBB, PKPI, Partai Demokrat, Berkarya, Garuda, PAN, PPP dan PKB. Namun dari 15 Parpol, dua Parpol masih belum bisa melengkapi berkas pendaftarannya yakni Parpol PKB dan PPP,” jelas Fahrizal, Selasa (17/10/2017).

Dari pendaftaran ke KPU, sejumlah Parpol mengaku kesulitan mengikuti proses pendaftaran di KPU. Karena data yang dimiliki Parpol dengan yang dimiliki KPU ada selisih sehingga harus disesuaikan terlebih dahulu baru diterima oleh KPU.

Kemudian, bagi Parpol yang belum bisa melengkapi berkas diberikan waktu tambahan, bila tidak melangkapi dengan waktu tambahan, maka Parpol tersebut terancam tidak bisa menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang.

“Itu sesuai dengan surat edaran nomor 585 KPU pusat, bunyinya Parpol diberikan waktu perpanjangan 1 kali 24 jam lagi untuk melengkapi berkas,” kata Fahrizal.

Bahkan di tahapan pendaftaran, ada dua Parpol baru yang lolos verifikasi di KPU pusat,  namun hingga batas waktu yang diberikan tidak juga mendaftar di KPU Rohul. Parpol tersebut yakni partai Idaman dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan