riauidcom | Berita Riau Terkini

Penetapan Anggota Dewan Pendidikan Rohul Dinilai Bermuatan Politis - riauidcom

Penetapan Anggota Dewan Pendidikan Rohul Dinilai Bermuatan Politis

Penetapan Anggota Dewan Pendidikan Rohul Dinilai Bermuatan Politis
Jupendri

ROKAN HULU, Riauid.com — Tokoh Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H. Jupendri, S.Pd.,M.Pd menilai 11 nama Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Rohul dan 11 orang cadangan periode 2017-2021 yang ditetapkan oleh Plt Bupati Rohul H. Sukiman pada Kamis (16/2/2017) bermuatan politis.

“Nampaknya wajah Anggota Dewan Pendidikan Rohul terpilih merupakan orang ‘titipan’ Pansel (Panitia Seleksi), tapi ya sudahlah kita lihat bagaimana ke depan kinerja mereka,” ujar Jupendri kepada wartawan.

Jupendri menjelaskan dirinya mencalonkan diri melalui unsur pendidikan non formal di Kecamatan Rambah. Pada tahap seleksi 29 besar dirinya tak diloloskan oleh Pansel karena tak mendapatkan rekomendasi dari lembaga tingkat kabupaten.

“Saya kecewa pada Pansel, sebab pada waktu pendaftaran awal dulu tak ada dipersyaratkan bahwa rekomendasi harus dari tingkat kabupaten. Namun di tengah perjalanan, panitia membuat perubahan. Jadi Saya tak bisa lolos dalam tahap berikutnya. Pansel tak bekerja profesional,” kesalnya.

Jupendri menilai Pansel Anggota Dewan Pendidikan sengaja “menjegal” dirinya. Padahal, dirinya sangat ingin ikut berperan dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Rohul melalui wadah ini.

Calon Anggota Dewan Pendidikan lain, Ari Gunawan S juga sangat kecewa. Satu-satunya perwakilan organisasi wartawan lokal di Kabupaten Rohul ini justru tidak masuk dalam 22 nama Anggota Dewan Pendidikan, baik di 11 nama anggota terpilih atau 11 nama anggota yang masuk daftar cadangan.

“K‎enapa insan pers tidak masuk dalam Anggota Dewan Pendidikan, apalagi peranan pers sangat besar dalam mendokumentasikan maupun mempublikasikan kegiatan Dewan Pendidikan‎,” kata Ari Gunawan yang menjabat Sekretaris Forum Solidaritas Wartawan Rokan Hulu (FOSWAR).

‎”Saya merasa janggal, kenapa insan pers tidak masuk ke dalam wadah Anggota Dewan Pendidikan ini. Apalagi peranan pers sangat besar dalam mengemas, mempublikasikan kegiatan Dewan Pendidikan, seperti kita ketahui pers merupakan pilar pembangunan ke-4. Ada apa ini?,” heran Ari.

Ari mengatakan fungsi Dewan Pendidikan adalah menyiapkan sarana dan prasarana untuk kemajuan pendidikan. Maka dari itu, insan pers yang sudah direkomendasikan organisasi wartawan lokal berarti sudah menyiapkan wadah banyak media untuk mengkomunikasikan kegiatan Anggota Dewan Pendidikan.

“Bagaimana pendidikan di Kabupaten Rokan Hulu mau maju kalu insan pers sendiri tidak dilibatkan,” pungkas Ari Gunawan. (Sof)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan