riauidcom | Berita Riau Terkini

Penunjukan Pj Kades Rantau Binuang Sakti Masih Proses di DPMPD - riauidcom

Penunjukan Pj Kades Rantau Binuang Sakti Masih Proses di DPMPD

Penunjukan Pj Kades Rantau Binuang Sakti Masih Proses di DPMPD
Ir. Jufri M.Si

ROKAN HULU — Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) tengah memproses penunjukan Penjabat (Pj) Kepala Desa Rantau Binuang Sakti (RBS), Kecamatan Kepenuhan.

Pergantian Kades RBS berinisial PA dilakukan setelah dirinya bersama Sekretaris Desa (Sekdes) RBS berinisial SQ ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Satreskrim Polres Rohul, Jumat (19/1/2018) sore lalu.

Plt Kepala DPMPD Rohul Ir Jufri MSi mengatakan dinas sudah melaporkan persoalan hukum yang dihadapi Kades dan Sekdes RBS berinsial SQ kepada Wakil Bupati Rohul (Wabup) Rohul H. Sukiman, Senin (22/1/2018).

Agar tetap berjalannya pelayanan dan roda pemerintahan di Desa RBS, pasca penahanan Kades dan Sekdes RBS, Pemkab Rohul kini sedang memproses penunjukan Pj Kades RBS.

Saat ini, pelayanan di Desa RBS saat ini masih berjalan seperti biasa, yang dilaksanakan oleh para Kaur di desa tersebut. Terang Jufri lagi, Pemkab Rohul belum memberhentikan sementara Kades dan Sekdes RBS, karena untuk pemberhentian sementara kades tersebut ada prosedur yang harus dilalui.

“Kita sudah menyurati Polres Rohul Senin (22/1/2018), meminta informasi terkait status hukum yang dihadapi Kades dan Sekdes RBS. Setelah mendapat surat balasan secara resmi dari Polres Rohul yang menyatakan Kades dan Sekdes dinyatakan sebagai tersangka, maka kita akan segera mengeluarkan SK pemberhentian sementara Kades dan Sekdes RBS tersebut, sekaligus menunjuk Pj Kades,” ungkapnya.

Sebutnya lagi, untuk penunjukan Pj Kades RBS, yakni salah satu ASN di lingkungan Pemkab Rohul, apakah itu dari Pemerintah Kecamatan Kepenuhan atau OPD. Namun ASN yang akan ditetapkan sebagai Pj Kades RBS tegantung dari pimpinan. Kemudian, untuk penerbitan SK Pj Kades, nantinya ditandatangani Wabup Rohul H Sukiman.

“Penunjukan Pj Kades bisa diambil dari ASN di lingkungan Pemkab Rohul atau kecamatan maupun dinas, itu nantinya tergantung pimpinan,” ungkapnya.

Sedangkan terkait Pj Sekdes RBS berinisial SQ, nantinya tergantung dari Pj kades yang sudah ditunjuk dan tetapkan, bisa saja dari salah satu kaur di pemerintah desa RBS atau ASN.

Namun dipastikan Jufri, pelayanan pemerintahan di Desa RBS tetap berjalan sebagaimana mestinya, karena untuk sementara ditangai kaur desa. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan