riauidcom | Berita Riau Terkini

Proyek Jembatan Siak IV Pekanbaru Kembali Dilelang Setelah Sempat Terlantar 4 Tahun - riauidcom

Proyek Jembatan Siak IV Pekanbaru Kembali Dilelang Setelah Sempat Terlantar 4 Tahun

Proyek Jembatan Siak IV Pekanbaru Kembali Dilelang Setelah Sempat Terlantar 4 Tahun
Jembatan Siak IV Kota Pekanbaru, Riau, yang sempat terlantar 4 tahun

PEKANBARU, Riauid.com — Jembatan Siak IV di Kota Pekanbaru, Riau, yang sempat terlantar sekira 4 tahun akan dilanjutkan pembangunan pada tahun 2017 ini. Proses lelang atau tender sendiri sudah dimulai.

Pelelangan jembatan Siak IV, menghubungkan Kecamatan Senapelan dengan Rumbai Pesisir dilakukan di awal 2017 untuk mengejar target pembangunan. Ditargetkan, proyek jembatan sudah selesai sebelum berakhirnya masa jabatan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Kepala Badan Perencanaan Pembanguna Daerah (Bappeda) Provinsi Riau Rahmad Rahim membenarkan bahwa proyek jembatan Siak IV Kota Pekanbaru sudah mulai proses pelelalangan.

“Sudah lelang,” jelas Rahmad Rahim di Pekanbaru, Jumat (17/2/2017).

Bekas Kepala Dinas Perhubungan Riau ini menuturkan lelang dilakukan melalui LPSE dengan pagu anggaran Rp66 miliar dianggarkan dari dana APBD tahun anggaran 2017. Meski demikian, penetapan besaran anggaran untuk kelanjutan pembangunan jembatan Siak IV masih menunggu hasil audit Manajmen Kontruksi (MK).

“MK itulah yang menghitung berapa manajemen proyek dan durasi proyek. Berdasarkan perhitungan itulah yang dilelang,” ungkap Rahmad.

Pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau ini menambahkan perhitungan dijalankan oleh MK berdasarkan perhitungan engineering estimate. Hal itu dilakukan agar saat pengerjaan dan penggunaan anggaran tidak tersangkut hukum.

“Dasar dari perhitungan konsultan MK itulah yang nantinya dilelang manajemen proyeknya, konstruksi proyeknya, namanya engineering estimate. Dikaji lagi pastilah lebih rendah harganya,” jelas Rahmad, dan memperkirakan proyek baru selesai sekira 2018 mendatang.

Berdasarkan penghitungan tim ahli yang sudah ditunjuk, anggaran penyelesaian pembangunan jembatan Siak IV Kota Pekanbaru sampai selesai sekira Rp115 miliar. Kelanjutan pembangunan jembatan Siak IV sendiri sempat ditunda karena proyek berkasus. Dan pada tahun ini, pembangunan dilanjutkan. (Sul)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan