riauidcom | Berita Riau Terkini

Puncak Bukit Suligi Rohul, Pesona Wisata di Negeri Diatas Awan - riauidcom

Puncak Bukit Suligi Rohul, Pesona Wisata di Negeri Diatas Awan

Puncak Bukit Suligi Rohul, Pesona Wisata di Negeri Diatas Awan
Puncak Bukit Suligi Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Rohul, Riau (foto istimewa)

ROKAN HULU — Provinsi Riau punya banyak destinasi wisata alam menarik dan patut dikunjungi saat liburan bersama keluarga. Namun sayangnya, masih banyak warga Riau sendiri yang memilih liburan ke provinsi lain.

Selain destinasi Gelombang Bono yang terletak di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau juga punya kawasan yang mirip Raja Ampat yang ada di Papua.

Ulu Kasok namanya. Destinasi ini terletak di jalan lintas negara Riau-Sumatera Barat (Sumbar), tepatnya di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Destinasi wisata alam ini memang baru dikenal dan telah menjadi viral di media sosial.

Selain Ulu Kasok, ada lagi destinasi wisata alam di Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, yang tidak kalah menariknya.

Lokasi wisata baru tersebut ada di Kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi. Kawasan ini punya pesona keindahan alam tak kalah menariknya, seperti Samudera di Atas Awan, dan cocok bagi yang sudah hacking atau mendaki gunung.

Lokasi objek wisata Puncak Bukit Suligi berada di perbatasan antara Kabupaten Rohul dengan Kabupaten Kampar, antara Kecamatan Kabun dengan Kecamatan XII Koto Kampar.

Kawasan Bukti Suligi punya puncak kembar dan ketika berada di atasnya akan dirasakan sensasi sangat menakjubkan. Dari puncak ini, pengunjung bisa melihat jejeran bukit-bukit di sekitarnya, termasuk kawasan Bukit Barisan yang menjadi kebanggaan masyarakat di pulau Sumatera.

Masyarakat Kabun mengungkapkan beberapa jalur yang bisa dilalui pengunjung untuk sampai ke puncak Bukit Suligi. Lebih dekat Anda bisa mampir dulu ke Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Rohul.

Jarak tempuh dari Desa Aliantan ke Puncak Bukit Suligi hanya sekitar 22 kilometer saja. Untuk sampai ke puncak, pengunjung masuk dari Simpang Kokar Desa Aliantan menuju arah objek wisata Air Terjun Tujuh Serangkai.

Setelah memarkirkan kendaraan, baik mobil atau sepeda motor di salah satu rumah warga di sekitaran Air Terjun Tujuh Serangkai, pengunjung harus melanjutkan perjalanan sekitar 2 jam untuk sampai ke puncak.

Pengunjung harus cekatan mendaki dan berhati-hati untuk sampai ke lokasi, karena untuk sampai ke puncak akan melewati bebatuan yang cukup ekstrim.

Setibanya di puncak, pengunjung akan merasakan sensasi seperti berada di puncak Negeri Diatas Awan. Jarak antara puncak satu ke puncak dua juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar 50 meter.

Sebaiknya pengunjung membawa sendiri air minum sebelum naik ke Puncak Bukit suligi, sebab di puncak akan sulit mendapatkan air. Demikian juga, lokasi puncak hanya cukup untuk beberapa tenda saja.

Ada baiknya lagi, untuk sampai ke Puncak Bukit Suligi pengunjung membawa teman yang sudah biasa mendaki gunung dan ahli memakai tali clumbing, sebab tali akan dibutuhkan untuk setiap pendakian.

Bukan hanya Puncak Bukit Suligi, pengunjung juga bisa melihat beberapa destitasi wisata alam lain di sekitar Bukit Suligi Kecamatan Kabun, selain objek wisata Air Terjun Tujuh Serangkai, ada lagi Goa Garuda dan objek wisata lain yang tentunya sangat menarik untuk dicoba. (asr)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan