riauidcom | Berita Riau Terkini

Puncak Ranah di Desa Koto Ranah, Surga Para Pendaki yang Makin Mendunia - riauidcom

Puncak Ranah di Desa Koto Ranah, Surga Para Pendaki yang Makin Mendunia

Puncak Ranah di Desa Koto Ranah, Surga Para Pendaki yang Makin Mendunia
Objek wisata Menggapai Matahari di Puncak Ranah, Desa Koto Ranah, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

ROKAN HULU — Provinsi Riau begitu kaya dengan pesona alamnya. Salah satunya adalah destinasi wisata Puncak Ranah berlokasi di Desa Koto Ranah, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Objek wisata Puncak Ranah cukup menantang bagi mereka pecinta ketinggian, sebab berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Dari Puncak Ranah, wisatawan akan disajikan keindahan dan menikmati matahari terbenam (sunset) dan matahari terbit (sunrise) di keesokan harinya dari ketinggian Puncak Ranah.

Meski kondisi alam berupa jurang dan tebing tinggi menjulang, wisatawan yang berkunjung ke Puncak Ranah bakal punya cerita baru, sebab mereka bisa melihat awan mengambang di pagi hari dan terasa bisa menggapai matahari di pagi hari dan sore hari.

Serasa bisa menggapai matahari di Puncak Ranah, Desa Koto Ranah, Kecamatan Kabun, Rokan Hulu, Riau

Untuk sampai ke lokasi, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda empat atau sepeda motor ke Desa Koto Ranah. Dari Pasir Pengaraian, lokasi ini bisa ditempuh sekitar 1,5 jam. Sedangkan dari Bangkinang Kabupaten Kampar bisa lebih dekat, hanya sekitar 1 jam perjalanan.

Dari Kecamatan Kabun, wisatawan masuk ke Desa Koto Ranah melalui jalan di dekat lapangan bola Desa Kabun. Wisatawan harus mampir dulu di base camp Menggapai Matahari Puncak Ranah.

Untuk mendaki, wisatawan akan didampingi pemandu yang siap mengantar wisatawan sampai ke Puncak Ranah. Wisatawan akan diantar sampai ke kaki Bukit Suligi yang masih asri menggunakan sepeda motor yang jaraknya sekitar 5,5 meter.

Setibanya di kaki Bukit, wisatawan akan diajak mendaki Puncak Ranah sekitar 1 jam perjalanan, dan bermalam di Puncak Ranah, menikmati keindahan alam yang luar biasa di sore hari hingga keesokan harinya.

Objek wisata Menggapai Matahari di Puncak Ranah, Desa Koto Ranah, Kecamatan Kabun, Rokan Hulu, Riau

Kepala Desa Koto Ranah Safrizal mengatakan wisatawan yang membawa mobil tidak perlu khawatir, sebab pihak desa sudah menyediakan parkiran yang aman di base camp Menggapai Matahari Puncak Ranah.

Dalam perjalanan mendaki Puncak Ranah, wisatawan akan dimanjakan berbagai pemandangan, seperti pepohonan yang masih asri, bebatuan, lumut dan hutan mati.

Ada berbagai spot disajikan di Puncak Ranah, seperti hamparan awan mengambang yang indah di waktu pagi seperti Samudera Awan atau Negeri Diatas Awan, batu-batu besar, Danau PLTA Koto Tinggi, lumut dan hutan mati.

Paling indah lagi ketika menikmati sunset dan sunrise. Wisatawan seperti menggapai matahari dari ketinggian Puncak Ranah. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan