riauidcom | Berita Riau Terkini

Satlantas Polres Inhil Bentuk Komunitas Korban Dalam Menekan Angka Lakalantas - riauidcom

Satlantas Polres Inhil Bentuk Komunitas Korban Dalam Menekan Angka Lakalantas

Satlantas Polres Inhil Bentuk Komunitas Korban Dalam Menekan Angka Lakalantas
Waka Polres Inhil, didampingi Kasat Lantas Polres Inhil serahkan santunan kepada tiga korban Lakalantas

INDRAGIRI HILIR, Riauid.com — Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Indragiri Hilir (Inhil) membentuk Komunitas Korban Lakalantas pada Senin (20/2/2017). Pada acara pembentukan ini juga diserahkan santunan kepada korban kecelakaan lalulintas (Lakalantas)

Kegiatan diprakarsai Satuan Lantas Polres Inhil digelar Mapolres Inhil, dihadiri Waka Polres Inhil Kompol Dr Azwar SSos MSi MH, Kasat Lantas Polres Inhil AKP Jusli SH, Kabid Pelayanan RSUD Puri Husada Tembilahan dr H Rahmat Susanto, perwakilan dari Jasa Raharja Elvan Rahmat, KBO dan para Kanit jajaran Sat Lantas Polres Inhil serta personel Sat Lantas lainnya.

Tujuan dari pembentukan komunitas korban Lakalantas, menurut Kasat Lantas Polres Inhil AKP Jusli adalah untuk mengajak para korban yang pernah tertimpa musibah Lakalantas, bersama Sat Lantas, Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja.

“Memberi himbauan ke masyarakat terutama generasi muda, karena menurut data kecelakaan lalu lintas yang tercatat di Unit Laka Sat Lantas Polres Inhil, banyak terjadi dikalangan usia produktif,” jelas AKP Jusli.

Sebagai orang yang pernah mengalami musibah Lakalantas, mereka diharapkan ikut memberikan pencerahan ke masyarakat yang belum mengalami musibah. Masyarakat dapat melihat sendiri bahwa akibat Lakalantas telah menyebabkan cacat fisik yang tentu saja akan berakibat langsung pada aktifitas korban sehari-hari.

Sementara, dalam sambutannya, Waka Polres Inhil Kompol Azwar mengatakan atas nama pimpinan dirinya memberikan apresiasi tinggi kepada pihak Satuan Lantas Polres Inhil atas prakarsanya sebagai salah satu cara menekan angka kecelakaan lalu lintas. Dengan berbagai faktor penyebab mulai dari human error, kondisi infrastruktur dan lain sebagainya.

“Ini salah satu cara untuk menumbuhkan kesadaran, bahwa keselamatan berlalu lintas adalah faktor nomor satu yang harus ditumbuhkan didalam diri pengendara kendaraan bermotor dan pemakai jalan lainnya,” jelas Waka Polres.

Masih di tempat sama, dr H Rahmat Susanto, selaku perwakilan dari RSUD Puri Husada dan Elvan Rahmat dari Jasa Raharja mengakui mereka juga mengapresiasi pembentukan komunitas ini dan mengatakan institusinya siap mendukung program gagasan Satuan Lantas Polres Inhil.

Pada acara tersebut, Waka Polres Inhil serahkan santunan kepada Siti Hamis (65) warga Parit 5 Kecamatan Tempuling dimana kaki kanannya harus diamputasi akibat Lakalantas, Suriyanto (24) warga Parit 5 Kecamatan Tembilahan dimana kaki kanannya patah, dan Yudistira Putra Callova (16) warga Jalan Tanjung Harapan Kecamatan Tembilahan mengalami rahang patah. Para korban Lakalantas ini juga sudah menerima santunan dari Jasa Raharja.

Pembentukan komunitas korban Lakalantas ini diharapkan dapat menekan angka Lakalantas di Kabupaten Inhil, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat serta menjadikan keselamatan sebagai faktor nomor satu dalam berlalu lintas, sehingga Kamseltibcar lantas dapat diwujudkan. (sah)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan