riauidcom | Berita Riau Terkini

Selain Langka, Pasokan LPG 3 Kg di Kabupaten Rohul juga tidak Stabil

Selain Langka, Pasokan LPG 3 Kg di Kabupaten Rohul juga tidak Stabil

Selain Langka, Pasokan LPG 3 Kg di Kabupaten Rohul juga tidak Stabil
LPG tabung 3 kg, ilustrasi

ROKAN HULU — Saat ini, gas LPG 3 Kg masih jadi barang langka di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), bahkan harganya ikut melambung hampir di seluruh kecamatan. Malahan, seperti di Kecamatan Kepenuhan harga LPG 3 kg sudah capai di atas kewajaran yakni 3 kali lipat atau Rp 65 ribu per tabungnya.

Langkanya LPG 3 Kg di rohul, diakibatkan karena adanya kebijakan pemangkasan kuota subsidi 13 persen untuk Rohul di APBNP 2017. Hal itu berdampak terhadap kurangnya pasokan ke sejumlah daerah di Rohul, apalagi kini diperparah dengan tidak stabilnya distribusi dari pertamina ke 7 agen resmi di Rohul.

Diakui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Rohul Drs.H Sariaman Msi, 1 Desember lalu, PT.Pertamina (Persero) tidak salurkan 12 ribu tabung LPG 3 kg ke 7 agen resmi yang ada di Rohul. Sehingga sangat berdampak menipisnya ketersediaan Lpg di sejumlah kecamatan dan picu terjadi kelangkaan.

“Dari koordinasi kita dengan pihak Pertamina, tidak disalurkanya LPG 3 kg pada 1 Desember 2017 lalu dengan alasan saving Kuota, agar suplay LPG tetap terjaga hingga akhir tahun,” ungkap Sariaman, Kamis (7/12/2017).

Karena kelangkaan LPG 3 kg di Rohul, kini membuat masyarakat resah. Sariaman juga mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi agar pihak Pertamina menypulai kembali pasokan yang tidak tersalurkan pada 1 Desember 2017 lalu, guna menstabilkan ketersediaan pasokan LPG di masyarakat.

“Sudah dikoordinasikan dengan Pertamina, meski tidak seluruhnya dikabulkan Pertamina bersedia pasok LPG 3 Kg ke 5 agen yang daerahnya benar-benar mengalami kelangkaan,” ujarnya.

Jelas Sariaman lagi, total LPG yang nantinya akan dipasok Pertamina berjumlah 2.800 tabung. Pasokan itu, nantinya akan disalurkan untuk 5 kecamatan yang mengalami kelangkaan LPG 3 Kg cukup parah, seperti di Kecamatan Rambah, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu, Kunto Darussalam dan Kecamatan Tambusai Utara.

Kemudian, agar penyaluran tepat sasaran, Disperindag Rohul menghimbau ke pangkalan untuk memberlakukan syarat Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk menjamin pasokan LPG guna memenuhi kebutuhan masing-masing daerah. Selain itu, Disperindag juga sudah mengeluarkan surat edaran juga melalui spanduk, agar pangkalan menjual LPG 3 Kg sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan dalam Perbup.

“Juga menghimbau, agar LPG 3 Kg bersubsidi diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu serta usaha kecil menengah yang berpenghasilan Rp1 juta, jadi untuk masyarakat yang mampu atau PNS kita minta untuk tidak menggunakan LPG 3 kg,” imbaunya. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan