riauidcom | Berita Riau Terkini

Semarak Hari Jadi Ke-40, Desa Ngaso Canangkan 'Desa Hijau' dan Penanaman 10 Ribu Pohon - riauidcom

Semarak Hari Jadi Ke-40, Desa Ngaso Canangkan ‘Desa Hijau’ dan Penanaman 10 Ribu Pohon

Semarak Hari Jadi Ke-40, Desa Ngaso Canangkan ‘Desa Hijau’ dan Penanaman 10 Ribu Pohon

ROKAN HULU — Pemerintah Desa Ngaso, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau, memperingati Hari Jadi ke-40 tahun, Kamis (10/8/2017).

Pada acara dipusatkan di lapangan Serba Guna Pasar Ngaso, Pemerintah Desa Ngaso menargetkan desanya sebagai ‘Desa Hijau’ dengan mencanangkan penanaman 10 ribu batang pohon.

Acara dihadiri Asisten II Sekdakab Rohul H. Syaiful Bahri S.Sos, Camat Ujung Batu Fisman Hendri S.Hut, sejumlah Anggota DPRD Rohul Dapil IV, Kepala Dinas PMPD Rohul Abdul Haris, Lurah dan Kepala Desa se-Ujung Batu, serta ribuan masyarakat Desa Ngaso.

Kepala Desa Ngaso Andes Siata menerangkan sebagai bagian dari Kabupaten Rohul berjuluk ‘Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau’, Pemdes Ngaso komitmen menjadikan desanya sebagai ‘Desa Hijau’ atau ‘Go Green’.

Andes mengatakan 10 ribu pohon yang akan ditanam di Desa Ngaso merupakan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, salah satunya pohon matoa.

“Kita berharap nantinya pohon ini berkembang dengan baik, sehingga desa menjadi hijau kembali, sesuai motto Kabupaten Rokan Hulu,” ujar Kades Ngaso Andes, di sela acara peringatan Hari Jadi ke-40 Desa Ngaso di lapangan Serba Guna Pasar Ngaso.

Selain itu, di hari jadinya ke-40 tahun, Pemdes Ngaso juga berupaya membangkitkan kembali kesenian daerah Desa Ngaso yang mulai dilupakan warga, dampak perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, seperti Tapak Lele, Cabur, Galah, Engkrang dan Bakiak.

Andes menambahkan Desa Ngaso merupakan desa majemuk dengan jumlah penduduk mencapai 6 ribu jiwa. Beragam prestasi pernah diraih Desa Ngaso, baik di tingkat Kabupaten Rohul dan tingkat Provinsi Riau, seperti juara GSI tingkat Rohul dan juara dua GSI tingkat Provinsi Riau.

“Kemudian juara satu lomba Dasawisma tingkat Rokan Hulu tahun 2006 dan juara dua di tingkat Provinsi Riau tahun 2016,” jelas Andes.

Andes menambahkan lewat Pemuda Karang Taruna juga pernah menorehkan prestasi olahraga sepak bola di tingkat Provinsi Riau.

Ia mengharapkan Pemkab Rohul merealisasikan pembangunan lapangan sepak bola di desanya, sehingga pemuda lebih diarahkan terhadap kegiatan positif.

Membahas soal pembangunan infrastruktur, Andes mengharapkan pembangunan di Desa Ngaso bisa setara dengan desa lain di Kecamatan Ujung Batu, dan di Kabupaten Rohul pada umumnya.

“Kami tidak bosan-bosannya berharap ke Pemkab Rohul, karena masih banyak infrastruktur desa yang perlu dibangun di antaranya pelebaran Jalan Lingkar Desa Ngaso menuju Desa Ujung Batu Timu,” harapnya.

Meski sudah berusia 40 tahun, ungkap Andes, ternyata masih ada jalan lingkungan di Desa Ngaso yang belum diaspal. Ia mengharapkan aspirasi warga diakomodir pemerintah dalam waktu dekat.

“Pak Bupati juga pernah berjanji akan membangun jalur dua mulai dari depan Masjid Al Hidayah sampai PTPN V Sei Rokan. Kami berharap tahun 2018 aspirasi bisa terealisasi,” harap Kades Ngaso lagi.

Sementara, Asisten II Sekdakab Rohul H. Syaiful Bahri mengatakan terkait aspirasi warga disampaikan Kades Ngaso akan dilaksanakan secara bertahap.

“Syaiful mengungkapkan masih ada sekitar 140 desa di Kabupaten Rohul yang masih perlu dibenahi oleh Pemerintah Daerah.

“Memang pembangunan harus dimulai dari desa sesuai visi misi Pemkab Rohul ‘Membangun Desa dan Menata Kota’, namun harus terencana. Mudah-mudahan aspirasi Desa Ngaso bisa dimasukkan dalam APBD murni 2018 yang saat ini tengah dalam pembahasan,” jelas Syaiful.

Syaiful berpesan agar pembangunan di desa dimaksimalkan pakai anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) mengutamakan skala prioritas di setiap dusun, namun harus transparansi, baik terhadap BPD dan masyarakat.

“SPJ setiap kegiatan pembangunan juga harus jelas. Karena anggaran desa besar, pengawasannya juga sangat ketat,” demikian pesan Syaiful Bahri mewakili Bupati Rohul H. Suparman S.Sos, M.Si.

Sementara, Ketua Panitia Kegiatan Syafri SE menerangkan sempena Hari Jadi ke-40 Desa Ngaso juga dilaksanakan beragam perlombaan seperti Open Tournament Sepak Bola Kades Ngaso Cup diikuti tim dari Rohul dan Provinsi Riau.

Adalagi perlombaan kesenian daerah, jalan santai dan senam bersama diikuti masyarakat serta pelajar yang ada di Desa Ngaso. (sof)‎

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan