riauidcom | Berita Riau Terkini

Sepuluh Pejabat Eselon II Pemkab Rohul Dilantik, Lelang Terbuka Menyusul - riauidcom

Sepuluh Pejabat Eselon II Pemkab Rohul Dilantik, Lelang Terbuka Menyusul

Sepuluh Pejabat Eselon II Pemkab Rohul Dilantik, Lelang Terbuka Menyusul

ROKAN HULU — Sedikitnya sepuluh pejabat Eselon II diambil sumpah dan dilantik untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemkab Rokan Hulu (Rohul), Riau, Kamis (10/8/2017) sore, di aula lantai tiga Kantor Bupati Rohul.

Sepuluh pejabat Pembina Utama Eselon II yang dilantik Bupati Rohul, H Suparman S,Sos, M.Si diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul Ir. Damri, didampingi Kepala Pengadilan Negeri (PN) Pasir Pengaraian Sarudi SH, Wakapolres Rohul serta Kalapas Klas II Pasir PAngaraian M. Lukman.

Sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Rohul Nomor: Kpts.821.22/ BKPP-MT/ 437/ tanggal 9 Agustus 2017, kesepuluh pejabat Eselon II yang dilantik, Drs. H. Sariaman M.Si yang sebelumnya Sekretaris DPRD Rohul, kini dilantik untuk menempati jabatan Kepala Disperindag Rohul.

Kemudian Drs. Hen Irpan M.Si,  tetap menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohul, Ridarmanto S.IP tetap menjabat Kadis Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Rohul.

Sedangkan Mubrizal SP,MMA, juga dilkantik tetap menjabat Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Rohul, Drs Budhia Kasino sebelumnya Kepala Badan Kesbangpol Rohul dilantik sebagai Sekretaris DPRD Rohul, lalu Dipendri sebelumnya Staf Ahli Bupati dilantik sebagai Kadis Perpustakaan dan Arsip Rohul, Yulisman tetap menjabat Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Rohul.

Ir. M. Ruslan M.Si yang sebelumnya sebagai Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul, kini dilantik sebagai Asisten II Bidang Ekonomi Setdakab Rohul, sedangkan jabatan yang ditinggalkan digantikan Ir. Sri Hardono MM yang sebelumnya menjabat Kadisnakbun Rohul, lalu Herry Islami ST,MT tetap menjabat Kadis Koperasi, UKM, Naker dan Transmigrasi Rohul.

Terlepas itu, H. Syaiful Bahri S.Sos, M.Si yang sebelumnya menjabat Asisten Bidang Ekonomi dan Kesra Setdakab Rohul kini menjabat sebagai Kepala Disdukcapil Rohul. Syaiful belum dilantik karena masih menunggu SK dari Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Pada pelantikan, ada delapan pejabat yang dimutasi tanpa jabatan atau non Eselon, yakni Drs. Fajar Shidqy yang sebelumnya jabat Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Rohul, kini sebagai Pelaksana pada Bappeda Rohul.

Kemudian, drg. Grifino Dahlihardy yang sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohul sebagai Pelaksana‎ pada Dinkes Rohul, Hj. Sri Mulyati S.Sos, M.Si sebelumnya Asisten III Setdakab Rohul sebagai Pelaksana pada Bappeda Rohul.

Sementara, Harisman ST, MT yang sebelumnya Kepala Dinas PUPR Rohul sebagai Pelaksana pada Bappeda Rohul, Bisman B. S.Si, MM sebelumnya Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Rohul sebagai Pelaksana pada Bappeda Rohul.

Mantan Kepala Disperindag Rohul H.Tengku Rafli Armien S.Sos sebagai Pelaksana di Sekdakab Rohul, H. Yurikawati S.Sos sebelumnya Kepala Disbudpar Rohul kini sebagai Pelaksana pada Inspektorat Rohul, lalu Hj. Nurhidayah SH sebelumnya Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setdakab Rohul dimutasi sebagai Pelaksana pada Disdukcapil Rohul.

Amanat tertulis Bupati Rohul H. Suparman S.Sos, M.Si yang dibacakan Sekda Rohul Damri, dirinya yakin kesepuluh pejabat tingkat Pembina Utama ini bisa melaksanakan amanah yang diberikan.

Sekda Rohul Damri dalam amanatnya mengatakan meski ada pejabat dilantik dengan jabatan sama, hal itu merupakan hasil evaluasi dilakukan terhadap 19 orang… Awalnya, ada 18 pejabat yang mengikuti evaluasi dilakukan tim, dan seorang pejabat mengundurkan diri. Dari evaluasi, delapan pejabat belum dinyatakan berhasil.

“Keberhasilannya itu bukanlah karena ketidakmampuan, namun kemampuan yang dimiliki pejabat yang belum berhasil perlu ditingkatkan lagi,” pesan Damri.

Evaluasi dilakukan, kata Sekda Rohul Damri, ada beberapa tahapan yang kita lakukan, seperti uji kompetensi dengan penilaian tiga kriteria yang berkaitan dengan pejabat Eselon II.

Sekda Damri menyatakan akan baru dilantik sebagai Kepala Disdukcapil Rohul setelah SK pengangkatan dikeluarkan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri.

“Bila SK sudah kita dapatkan akan kita lantik kembali Syaiful Bahri sebagai Kepala Disdukcapil Rohul,” tambahnya.

Sekda Damri mengimbau bagi pejabat yang tidak berhasil saat evaluasi untuk sementara ditempatkan di sejumlah Kantor OPD, sampai menunggu dilakukan lelang terbuka terhadap jabatan yang kosong.

Menurutnya, lelang terbuka dilakukan setelah dilakukan Assesment yang sulit dari‎ evaluasi yang akan dilaksanakan dalam bulan Agustus 2017 ini.

“Bagi pejabat yang belum lulus saat evaluasi bisa ikut berkompetensi pada jabatan-jabatan yang akan kita lelang tidak lama lagi,” tambah Damri, dan Assesment bisa diikuti seluruh pejabat yang sudah memenuhi persyaratan.”

“Lelang terbuka lebih berat dari evaluasi, dan perlu kematangan. Berharap bagi pejabat yang belum lulus bisa lulus dilelang terbuka nantinya,” harap Damri lagi.

Terhadap sepuluh pejabat Eselon II yang baru dilantik, Sekda Rohul Damri berharap beberapa pejabat yang dimutasikan ke OPD untuk meningkatkan kemampuan dalam memimpin OPD dan lebih kuat, lebih memahami, serta lebih mengerti, sehingga OPD terus berjalan dalam melayani masyarakat.

“Bagi pejabat yang dimutasi ke OPD lain perlu banyak belajar,” harap Sekda Rohul, Damri. (Adv/Hum/Sof)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan