riauidcom | Berita Riau Terkini

Desa Rambah Samo Barat Mulai Susun Perdes Inovasi

Songsong Program Kemendagri 2018, Desa Rambah Samo Barat Mulai Susun Perdes Inovasi

Songsong Program Kemendagri 2018, Desa Rambah Samo Barat Mulai Susun Perdes Inovasi
Kepala Desa Rambah Samo Barat, Yarmanis Daulay

ROKAN HULU — Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo, Rokan Hulu (Rohul) sedang menyusun Paraturan desa (Perdes) tentang inovasi. Perdes ini untuk menyongsong program Kementrian dalam negeri (Kemendagri) Inovasi Desa tahun 2018.

“Tahun 2018, sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri), seluruh desa di Indonesia harus mampu berinovasi. Menyikapi hal itu, saat ini desa kita tengah susun Perdes Inovasi. Ada beberapa item yang kita buat di dalamnya,” ungkap Kepala Desa Rambah Samo Barat, Yarmanis Daulay, Rabu (18/10/2017).

Yarmanis juga Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Rohul mengatakan jumlah penduduk di desanya ada 3.823 jiwa serta 919 Kepala Keluarga (KK), lima dusun, 24 RT, 10 RW, dengan luas wilayah 37,73 kilometer persegi.

Kades bersama bersama perangkat Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan warga Desa Rambah Samo Barat sudah memiliki program inovasi yang nantinya akan diterapkan mulai tahun 2018.

“Saat ini dalam tahap penyusunan rancangan Perdes oleh BPD. Ada beberapa item program inovasi yang nanti kita buat, seperti inovasi pelayanan Sistem Informasi Pelayanan Desa (SIPADE) yang berbasis Informasi Teknologi (IT),” ungkap Yarmanis.

Selanjutnya, adalagi inovasi tentang peningkatkan ekonomi rumah tangga dengan sistim ekonomi buah yakni dengan budidaya jambu madu, produk unggulan gula enau (aren). Kartu Rambah Samo Barat Peduli bagi lanjut usia (Lansia) serta anak yatim.

“Khusus Kartu Rambah Samo Barat Peduli, nantinya Lansia yang ada di perkirakan 62 orang akan diberikan paket Sembako. Bentuk bantuannya bagaimana dalam Perdes akan dibuat. Sedangkan bagi anak yatim kita berikan beasiswa pendidikan ke mereka yang jumlahnya sekitar 35 anak,” papar Yarmanis.

Desa Rambah Samo Barat juga tengah membuat Perdes tentang Pelestarian Adat dan Seni Budaya Lokal, dan dua Perdes lagi dalam tahap pelaksanaan. Saat ini masih tahap penyusunan, minggu depan ditargetkan rampung penyusunan dan tahapan pembahasan di BPD.

“Kita akan rampungkan Perdes Desa Inovasi 2018, sehingga tahun 2018 mendatang desa kita sudah bisa menjalankan program yang diamanatkan Kementrian Dalam Negeri,” pungkas Yarmanis. (sof)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan