riauidcom | Berita Riau Terkini

Sosialisasi Penegasan Batas Desa Sudah Digelar di 3 Kecamatan

Sosialisasi Tata Cara Penetapan dan Penegasan Batas Desa Sudah Dilaksanakan di Tiga Kecamatan

Sosialisasi Tata Cara Penetapan dan Penegasan Batas Desa Sudah Dilaksanakan di Tiga Kecamatan

ROKAN HULU — Asisten I (satu) Bidang Pemerintahan Juni Syafri, membuka secara resmi Sosialiasi Tata Cara Penetapan dan Penegasan Batas Desa yang diikuti para Kepala Desa (Kades), khususnya dari Kecamatan Kunto Darussalam.

Pelatihan sekaligus Sosialisasi Tata Cara Penetapan dan Penegasan Batas Desa diprakarsai Pemkab Rohul, melalui Bagian Administrasi Wilayah (Adwil) Setdakab Rohul digelar di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian, Kamis (22/12/2017). Kegiatan sendiri bertujuan dalam mewujudkan satu peta satu wilayah di Rohul, dan mendukung program Presiden Republik Indonesia Jokowi.

Kabag Adwil H. Ahmad Harun SH., MH mengungkapkan sosialisasi digelar bertujuan mewujudkan tertib administrasi pemerintahan, pertanahan dan pembangunan di wilayah Kabupaten Rohul.

Juni Syafri mengatakan kegiatan sudah digelar ketiga kalinya yang semula diikuti Kecamatan Tambusai, disusul Kecamatan Rambah dan ketiga diikuti oleh Kecamatan Kunto Darussalam.

“Kecamatan Tambusai sebagai pilot project di Riau, dengan pendampingan tenaga ahli dari Amerika Serikat. Masing-masing desa sudah menghasilkan peta yang sah dan lengkap dengan tapal batas desa yang sah. Hal sama juga akan diterapkan di kecamatan Kunto Darussalam pada tahun 2018,” ungkap Juni Syafri.

Juni menambahkan terkait persoalan tapal batas, Pemkab Rohul telah meng-anggarkan dana untuk pembuatan peta dan menyelesaikan tapal batas desa, satu tahun 1 kecamatan.

Disampaikan Kasubbag Pengelolaan Batas, Arie Apriadi S.Pi menyampaikan, di kegiatan itu hasirkan narasumber diantanya dari akademisi, DR.Desi Dosen Fakultas Hukum Universitas Riau, Bdaan Pertanahan Nasional, dan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD). (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan