riauidcom | Berita Riau Terkini

Wabup Rohul Hadiri Pengajian Rutin Mandailing Napitu Huta

Wabup Rohul Hadiri Pengajian Rutin Mandailing Napitu Huta di Rambah Samo

Wabup Rohul Hadiri Pengajian Rutin Mandailing Napitu Huta di Rambah Samo
H. Sukiman

ROKAN HULU — Wakil Bupati Rokan Hulu (Wabup Rohul) H. Sukiman menghadiri pengajian rutin Mandailing Napitu Huta yang digelar di Kolam Pancing Ampang Sibaroh Dusun Sigatal, Desa Rambah Samo, Kecamatan Rambah Samo, Kamis (7/12/2017).

Pengajian rutin Mandailing Napitu Huta merupakan kegiatan yang sudah jadi agenda rutin digelar sekali tiga bulan, dan dilaksanakan secara bergantian di 3 kecamatan di Rohul, yakni Rambah, Rambah Samo dan Bangun Purba.

Dalam kegiatan itu, Pimpinan Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Napitu Huta H. Abdul Malik Nasution bergelar Sutan Laut Api mengatakan, bahwa kegiatan itu digelar bertujuan untuk mempererat silaturrahmi dari anak kemenakan di Napitu Huta.

“Kegiatan seperti ini, akan kita terus dilaksanakan di Napitu Huta secara terus menerus,” harap Sutan Laut Api.

Juga hadir dikegiatan itu, mantan Sekda Rohul Syarifuddin Nasution, M. Nuh Sutan Muda Sigatal, Pimpinan Adat Huta haiti Jamaluddin Nasution bergelar Sutan Tuah, sejumlah Ninik Mamak, tokoh adat, Alim Ulama, para kepala desa, serta sekitar 300-an masyarakat di Desa Rambah Samo

Juga hadir Wakapolres Rohul, Kompol Eko Setiawan, Staf Ahli Bupati Abdul Haris, Kapolsek Rambah Samo, juga hadirkan penceramah Ustad Prof. Dr. Syamruddin Nasution MA yang juga Guru Besar UIN Pekanbaru. Dalam tausiyahnya, dirinya memberikan tausiyah merajut kembali yang sudah putus dan hilang di dalam hal adat istiadat.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati (Wabup) Rohul, H Sukiman, berharap agar sejarah Napitu Huta di Kaiti, yakni jejak terakhir Boru Namora Suri Andung Jati dan Makam Sutan Laut Api, di Kaiti Desa Rambah Tengah Barat, kecamatan Rambah akan dibangun kembali dan tidak akan mengubah keaslia sejarah yang ada di sana

Selain itu, dirinya juga berharap pendidikan di Rohul lebih meningkat dan baik lagi, termasuk agar bisa dilaksankannya program S2. Karena menurutnya, pendidikan sangat penting.

“Saya juga berharap, bagaimana Program pendidikan S2 bisa dilaksanakan di Rohul. Kita komit dan sangat mendukung terhadap dunia pendidikan, karena ilmu yang kita dapat dari pendidikan sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan di masyarakat Rohul,” harap Wabup Sukiman.

Penceramah Ustad Prof.Dr. Syamruddin Nasution MA yang juga Guru Besar UIN Pekanbaru dalam tausitahnya, juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan pengajian rutin Mandailing Napitu Huta untuk merajut kembali budaya dan adat istiadat di Rohul yang sudah mulai putus serta hilang, khususnya di Naputi Huta.

Dirinya menekankan, bahwa perlu dan pentingnya pendidikan, karena musuh paling besar yang akan dihadapi masyarakat dimasa mendatang, adalah kebodohan dan kemiskinan.

“Dengan pendidikan, akan permudah kita dapatkan kesempatan. Baik di dunia bisnis, maupun di Birokrasi pemerintahan dan semua itu tetap harus dengan memiliki ilmu pengetahuan,” pesan ustad Prof.Dr. Syamruddin Nasution MA. (sof)

 

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan