riauidcom | Berita Riau Terkini

Tiga Jalan Desa di Tambusai Rusak, Warga Desak Dilakukan Perbaikan - riauidcom

Tiga Jalan Desa di Tambusai Rusak, Warga Desak Dilakukan Perbaikan

Tiga Jalan Desa di Tambusai Rusak, Warga Desak Dilakukan Perbaikan

ROKAN HULU, Riauid.com — Jalan aspal di tiga desa di Kecamatan Tambusai, yakni Desa Rantau Panjang, Desa Tingkok dan Desa Suka Maju mengalami kerusakan berat. kerusakan jalan di tiga desa ini sangat dikeluhkan masyarakat dan mereka mendesak pemerintah segera melakukan perbaikan.

Kerusakan ruas jalan aspal yang dibangun melalui dana APBD Rohul, disebabkan akibat tidak sesuainya tonase muatan angkutan produksi perusahaan perkebunan yang beroperasi melintasi ruas jalan desa tersebut.Bahkan, kerusakan ruas jalan di tiga desa itu, ada puluhan titik. Malahan, kondisi jalan aspal itu sangat rawan terjadinya kecelakaan lalulintas.

Selain masyarakat tiga desa juga kondisi jalan rusak sudah dialami Plt Bupati Rohul H. Sukiman saat kunjungan kerja ke Desa Suka Maju Kecamatan Tambusai, menghadiri syukuran Indra Admaja atas terpilih dan dilantik sebagai Kades Suka Maju.

Kini, jalan aspal rusak sangat parah, di Desa Tingkok dan Desa Rantau Panjang. Kerusakan itu, akibat tingginya volume kendaraan perusahaan lebihi tonase yang melintasi jalan tersebut. Masyarakat berharap, adanya upaya memanggil perusahaan dan mengajak bersama-sama menjaga dan merawat jalan agar tetap baik.

“Kita sudah menyampaikan ke Camat Tambusai Zahrial Lutfi, untuk mengundang perusahaan yang melintasi ruas jalan Desa suka Maju, Desa Tingkok dan Desa Rantau Panjang, guna membicarakan komitmen perusahaan untuk bisa berikan kontribusi ke desa bagaimana agar akses jalan dapat dilalui, sehingga bisa angkut hasil produksi pertanian,” tegas Plt Bupati Sukiman.

Ditanya kapan sejumlah perusahaan yang beroperasi di tiga desa apakah akan diundang, Plt Bupati H Sukiman mengaku, dirinya akan secepatnya pemerintah Kecamatan Tambusai untuk mengundang perusahaan, dan nantinya bisa duduk bersama.

“Lebih cepat lebih baik, karena kondisi kerusakan sejumlah titik ruas jalan aspal di 3 desa itu sangat memprihatinkan,” ujar Sukiman.

Sukiman mengakui sudah sewajarnya perusahaan yang beroperasi di tiga desa bisa memperhatikan pembangunan di desa tempat perusahaan itu berusaha.

“Perusahaan harus salurkan program CSR untuk desa yang menjadi daerah lintasan angkutan produksi perusahaan. Terutama infrastruktur jalan desa yang harus diperhatikan,” jelas Sukiman.

Kades Suka Maju Indra Admaja mengaku selama ini perusahaan yang beroperasi di desanya atau desa tetangga yang melintasi ruas jalan desa Suka Maju, kurang kontribusinya memprihatinkan pembangunan infrastruktur desa.

Sedangkan jalan desa itu menjadi jalan lintasan alternatif bagi perusahaan, mengangkut hasil perkebunan.

“Kita bersama masyarakat akan lakukan komunikasi dengan perusahaan, dengan komitmennya membangun infrastruktur di Pedesaan. Di desa kita, ada perusahaan PT Panca Surya Agrindo, PT PISP dan di desa tetangga ada PT Torganda dan Torus Ganda. Perlunya duduk bersama untuk mencarikan solusi dalam mengatasi infrastuktur jalan desa yang rusak,” ucap Indra.

Tegas Kades lagi, ada 4 kilometer ruas jalan yang rusak di wilayah kerjanya. Sehingga jalan yang rusak itu sangat dikeluhakan masyarakat disaat musim penghujan seperti saat ini. Masyarakat juga kesulitan membawa hasil perkebunan bila jalan rusak, terutama di musim penghujan. (Sof)

 

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan